Festival Rang Mudo Marandang, Cara Memeriahkan Sumpah Pemuda di Padang

Al Imran | Kamis, 28-10-2021 | 23:52 WIB | 31 klik | Kota Padang
<p>Festival Rang Mudo Marandang, Cara Memeriahkan Sumpah Pemuda di Padang<p>

Wako Padang, Hendri Septa mengaduk kalio rendang usai membuka Festival Rang Mudo Marandang dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kamis. (humas)

PADANG (28/10/2021) - Dinas Pariwisata Padang bekerjasama dengan Karang Taruna dan KNPI Padang, menghelat Festival Rang Mudo Marandang dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kamis.

Kegiatan yang diikuti unsur organisasi kepemudaan se-Kota Padang tersebut, berlangsung meriah di halaman Balaikota Padang, Aie Pacah.

Wali Kota Padang, Hendri Septa sewaktu membuka kegiatan tersebut mengatakan, Festival Rang Mudo Marangdang ini perdana digelar di Kota Padang.


"Kami menyambut baik dan mengapresiasi Dinas Pariwisata Kota Padang yang telah menggagas kegiatan ini. Semoga hal ini memberikan kontribusi positif untuk kemajuan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid19," ungkapnya.

Pemimpin Kota Padang itu menambahkan, Festival Rang Mudo Marandang merupakan suatu upaya dalam melestarikan dan mewariskan masakan khas minang (randang-red) kepada generasi muda. Dengan kegiatan ini maka generasi muda dapat belajar memasak rendang dan mewariskan kepada generasi berikutnya.

"Festival ini juga merupakan upaya kita dalam menggairahkan ekonomi kreatif, khsususnya sub sektor kuliner. Dimana randang sudah menjadi kuliner yang mendunia sehingga perlu dijaga kelestariannya," jelas Hendri yang didampingi Ketua TPPKK Padang, Genny Putrinda beserta unsur Forkopimda.

Apresiasi turut diungkapkan Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani. Menurutnya, festival tersebut sangat membantu untuk menanamkan rasa bangga pada generasi muda terhadap kuliner daerahnya, yang telah mendunia. Bahkan mereka mencoba memasaknya sendiri.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Padang, Raju Minropa mengatakan, Festival Rang Mudo Marandang bertujuan untuk melestarikan rendang sebagai kuliner yang mendunia kepada generasi muda. Sehingga diharapkan generasi muda memiliki kemampuan untuk merendang.

"Selain mengadakan festival marandang ini kami juga mengadakan bazar ekonomi kreatif yang diikuti oleh para pelaku UMKM Kota Padang," sambung Raju.

Raju menambahkan, pada 2022 nanti Dinas Pariwisata Kota Padang akan mengadakan lomba marandang antar wali kota se-Indonesia dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) V di Kota Padang.

"Lomba marandang yang kita laksanakan hari ini kita jadikan sebagai eksibisi dan evaluasi untuk perbaikan ke depannya, sehingga festival rendang yang kita laksanakan pada Munas Apeksi nanti dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

Keluar sebagai pemuncak pada festival tersebut Juara I Karang Taruna Kota Padang, Juara II KNPI Kota Padang dan Juara III KNPI Kecamatan Kuranji. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar