KNPI Padang Panjang Dibantu Bibit Pohon Buah-buahan dan Ikan

Al Imran | Sabtu, 30-10-2021 | 05:23 WIB | 24 klik | Kota Padang Panjang
<p>KNPI Padang Panjang Dibantu Bibit Pohon Buah-buahan dan Ikan<p>

Wako Padang Panjang, Fadly Amran bersama KNPI Padang Panjang, melepaskan bibit ikan pada sebuah kolam yang dipinjami masyarakat, Jumat. Kolam ikan ini selanjutnya akan jadi unit usaha KNPI Padang Panjang. (kominfo)

PADANG PANJANG (29/10/2021) - KNPI Padang Panjang bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), lakukan penaburan bibit ikan dan penanaman bibit buah-buahan, menandai momentum Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021.

"KNPI diberikan bantuan 5.000 bibit ikan dan sejumlah bibit buah-buahan di antaranya Mangga, Alpokat, dan Sirsak. Ini program dari bidang pertanian di KNPI. Bahwasanya, KNPI adalah mitra strategis pemerintah pengembangan SDM kepemudaan," kata Ketua KNPI Padang panjang, Andi Arianto, Jumat.

Pelepasan bibit ikan dan penamanam buah-buahan itu secara simbolis dilakukan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran di lahan pertanian RT I, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur. Bantuan bibit ini, selanjutnya akan dikelola KNPI bidang pertanian.


Bibit tersebut, lanjut Andi, dibudidayakan di lahan yang dipinjamkan seorang tokoh masyarakat Arifi Endri Datuak Rumah. "Alhamdulillah, seorang tokoh masyarakat bersedia meminjakan lahan dan kolam untuk dimanfaatkan KNPI," sebutnya.

Adapun, bibit buah buahan seperti Sirsak, Pokat, dan Mangga ditanam di lahan seluas 20x40 meter. sementara , 5.000 bibit ikan dibudidayakan di tambak seluas 7x21 meter dan 5x7 meter.

Sementara, Fadly mengapresiasi KNPI yang menginisiasi program petani milenial yang sejalan dengan program pemuda tani.

"Kita berharap, usaha seperti ini bisa dijalankan KNPI dan juga pemuda-pemudi di Padang Panjang. Mudah-mudahan, ketahanan pangan terwujud bersama para pemuda yang kreatif, berkontribusi, dan produktif bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara, Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas berharap, semua pihak mendukung program kreatif pemuda ini. Dispangtan, sebutnya, siap memberikan pembinaan agar para pemuda bisa menjadi petani milenial dan berguna bagi masyarakat. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar