Minang Diaspora Motivasi Siswa Kelas XII SMAN 1 Bukittinggi

Sabtu, 30 Oktober 2021, 18:53 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Minang Diaspora Motivasi Siswa Kelas XII SMAN 1 Bukittinggi
Wakil Bendahara Minang Diaspora, Yeni Halim. (hamriadi)

BUKITTINGGI (30/10/2021) - Kumpulan perantau Minang yang bernaung di bawahMinang Diaspora mengadakan kegiatan memotivasi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi untuk persiapan masuk Perguruan Tinggi.

Dihadiri pembicara Prof.Fasli Jalal, wakil bendahara Minang Diaspora, Yenny Halim serta Firdaus, Kepala SMAN 1 Bukittingggi. Kegiatan digelar di aula SMAN 1, Sabtu (30/10/2021).

"Proses dan standar masuk Perguruan Tinggi (PT) tetap sama, walaupun yang mendaftar berkali lipat dengan jumlah penerimaannya," ujar Rektor Universitas Yarsi, Prof Fasli Jalal yang juga Wakil Menteri Mendikbud RI pada tahun 2010 -2011.

Ia mengatakan, dengan dekatnya masa ujian akhir siswa kelas XII, maka dengan waktu 5 bulan yang tersisa itu, dimanfaatkan kemampuan yang terpenting dari mereka.

Baca juga: Minang Diaspora Salurkan 2100 Paket Sembako untuk Korban Banjir di 3 Daerah

"Dengan cara bagaimana siswa harus berpacu dalam lima bulan kedepan, mereka akan jadi apa nantinya, misalnya langkah untuk masuk ke perguruan tinggi," jelasnya.

Menurutnya, siswa harus tepat menentukan pilihan, jangan hanya terfokus kepada perguruan tinggi yang favorit dan sudah ternama saja. Karena masih banyak perguruan tinggi bermutu di Indonesia.

"Jauh lebih baik di perguruan tinggi yang biasa tapi mereka menonjol dari perguruan tinggi luar biasa, tapi mereka jadi yang biasa biasa saja," terang Prof Fasli.

"Dengan mutu terbaik dan jadwal gemblengan guru di sekolahnya, mereka mungkin saja mengalahkan sepuluh terbaik di perguruan tinggi yang tidak favorit," pungkasnya.

Baca juga: Dua Siswa SMAN 1 Bukittinggi jadi Anggota Paduan Suara GBN, Ini Pesan Bupati Agam

Pada kesempatan itu, Firdaus, Kepala SMA 1 Bukittinggi menginginkan, dengan dilaksanakannya acara itu, siswa bisa tumbuh semangat dalam menghadapi perguruan tinggi 2022 nantinya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: