Belanja Hibah dan Bansos di RAPBD Bukittinggi 2022 Capai Angka Rp35,5 Miliar

Al Imran | Selasa, 02-11-2021 | 11:35 WIB | 58 klik | Kota Bukittinggi
<p>Belanja Hibah dan Bansos di RAPBD Bukittinggi 2022 Capai Angka Rp35,5 Miliar<p>

Wako Bukittinggi, Erman Safar didampingi Marfendi (Wawako) menyerahkan nota penjelasan tentang Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD 2022 pada Ketua DPRD, Benny Yusrial dalam rapat paripurna yang digelar, Senin. (hamriadi)

BUKITTINGGI (1/11/202) - Nota penjelasan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD 2022, mengalokasikan belanja bantuan sosial sebesar Rp3,5 miliar.

Erman Safar dalam sambutannya itu mengatakan, belanja sosial ini berada di dalam belanja operasi dengan alokasi anggaran sebesar Rp656 miliar.

"Besaran belanja operasi Rp656 miliar yang selain belanja bantuan sosial ada di dalamnya, juga terdapat belanja pegawai sebesar Rp320 miliar, belanja barang dan jasa Rp298 miliar, belanja subsidi Rp1,5 miliar dan belanja hibah sebesar Rp32 miliar," ungkap Erman Safar dalam rapat Paripurna Hantaran Raperda tentang APBD TA 2022 di ruang sidang utama DPRD, Senin pagi.


Disebutkan Erman, dalam rancangan APBD 2022 tersebut, pendapatan daerah diusulkan sebesar Rp587 miliar. Sedangkan belanja daerah sebesar Rp859 dengan pembiayaan netto sebesar Rp87 miliar. Dengan begitu, APBD Bukittinggi 2022 mengalami defisit sebesar Rp184 miliar.

Erman yang juga ketua Partai Gerindra Bukittinggi ini menyampaikan harapan, agar kondisi defisit nantinya dapat diseimbangkan melalui kemungkinan penambahan pendapatan melalui pajak daerah, maupun retribusi daerah hingga merasionalisasi kegiatan pada masing-masing SKPD berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas.

D isamping hantaran APBD 2022, Erman juga menyampaikan nota penjelasan Raperda tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan.

"Secara yuridis, Raperda ini akan memberikan kepastian hukum serta rasa keadilan di tengah-tengah masyarakat, sehingga permasalahan kerawanan pangan dapat teratasi," papar Erman dalam paripurna yang juga dihadiri unsur Forkompinda tersebut.

Dalam paripurna itu, Erman Safar didampingi wakilnya, Marfendi. Sidang paripurna ini dipimpin Ketua DPRD, Beny Yusrial yang juga dihadiri dua Wakil Ketua DPRD, Nur Asra dan Rusdi Nurman. Juga hadir unsur Forkopimda, anggota DPRD dan pimpinan OPD serta undangan lainnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar