Payakumbuh Pasang Target Vaksinasi Tembus Level Kekebalan Kelompok

Al Imran | Selasa, 02-11-2021 | 17:30 WIB | 27 klik | Kota Payakumbuh
<p>Payakumbuh Pasang Target Vaksinasi Tembus Level Kekebalan Kelompok<p>

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

PAYAKUMBUH (1/11/2021) - Sukses pada pelaksanaan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin, dengan capaian sampai 4.151 orang dari target semula 4 ribu orang, Pemko Payakumbuh kembali akan melaksanakan Gebyar Vaksinasi Rabu (3/11/2021) besok.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan, dengan gebyar vaksinasi ini peningkatan capaian vaksinasi Kota Payakumbuh meningkat cukup tinggi. Dimana, awal Oktober 2021 lalu, baru di angka 36 persen dan di akhir bulannya sudah mencapai 54,2 persen.

"Gebyar vaksin ini kita lihat sangat efektif, rencananya kita akan laksanakan lagi Rabu esok, dan juga akan diberikan doorprize pada masyarakat kita yang ikut divaksin pada hari tersebut," kata Riza Falepi saat Rakor Bersama seluruh OPD, Camat, Lurah dan Kepala Puskesmas di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Senin.


Rakor itu, Riza Falepi didampingi Sekretaris Daerah, Rida Ananda, Dafrul Pasi (Asisten I) dan Amriul (Asisten III) dan staf terkait lainnya.

"Untuk lokasi sama dengan Sudarsin kemarin, akan dipusatkan di GOR M Yamin dan di lima Kecamatan Kota Payakumbuh. Untuk syarat cukup membawa KTP atau Kartu Keluarga," tambahnya.

Riza yakin, bisa mencapai target 70 persen dalam waktu dekat ini, sebab untuk target berkala tinggal 16 persen lagi, hanya butuh kerjasama dan kesadaran masyarakat akan perlunya vaksinasi ini.

"Diharapkan, dalam dua minggu ini bisa mencapai 70 persen. Setelah tercapai kita akan tetap terus memberikan vaksinasi pada masyarakat yang belum," terangnya.

"Kalau perlu kita akan datangi door to door masyarakat kita, supaya herd immunity itu benar-benar terbentuk dan bisa melindungi masyarakat kita," terangnya.

Disampaikan Riza Falepi, untuk masyarakat yang komorbid, berdasarkan informasi dari tim dokter, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis.

"Untuk yang komorbid ini, vaksinasinya akan dilakukan di rumah sakit. Untuk jadwalnya, setiap Senin, Rabu dan Sabtu. Kalau setelah pemeriksaan dinyatakan bisa divaksin, maka akan langsung diberikan vaksinnya," ucapnya.

"Kita juga menyediakan transportasi untuk layanan vaksinasi ini, tinggal diberi tahu dan tim akan langsung menjemput warga kita tersebut," pungkasnya.

Vaksin itu Aman dan Halal

Riza Falepi menyampaikan apresiasi pada jajarannya yang telah berhasil meningkatkan partisipan vaksinasi hingga akhir Oktober di angka 54,2 persen capaian dalam kota, pada awal Oktober lalu baru tercapai 36 persen.

"Apresiasi pada tenaga kesehatan yang selalu mengabdikan diri setiap hari dalam mewujudkan Kota Payakumbuh menuju herd immunity, demi kecintaan kepada masyarakat, karena mereka adalah tanggung jawab kita," kata Wali Kota Riza Falepi saat memimpin apel siaga Satuan Tugas Penanganan Covid19 Kota Payakumbuh bersama para asisten, staf ahli, kepala OPD, direktur BUMD, camat, lurah, dan kepala puskesmas di halaman balai kota.

Dalam amanatnya, wali kota dua periode itu juga menyampaikan kepada seluruh jajarannya harus menguatkan tekad untuk menuntaskan pekerjaan agar masyarakat Kota Payakumbuh dapat divaksin, karena mendapat vaksin adalah hak rakyat.

"PNS sudah semua divaksin, paling yang tidak karena ada komorbid. Sementara itu, warga di kelurahan-kelurahan masih banyak yang belum divaksin, baik karena belum sempat maupun yang masih menolak. Dari data, kita juga telah mengakomodir vaksinasi bagi warga luar daerah karena mereka beraktifitas di kota," jelas Riza.

Ditekankan Riza, vaksinasi ber-doorprize atau berhadiah sejatinya bukanlah vaksinasi yang ditunggu-tunggu, Riza berharap ini jangan dijadikan alasan sesorang untuk mau divaksin.

"Harusnya kesadaran mendapatkan vaksin yang utama, bukan sembako dulu baru vaksin, itu kebutuhan kita, bukan orang lain," kata Riza.

Ditargetkan Riza, pada bulan November 2021 ini warganya sudah 70 persen tervaksin, dia ingin menyelesaikan sisanya 16 persen ini sebelum masuk ke masa libur akhir tahun.

"Mulai hari ini, mari kita kuatkan tekad bersama mengejar 70 persen dalam 2 minggu kedepan. Setelah capaian lebih dari 70 persen, mungkin kita akan lebih fokus mencari sasaran vaksinasi secara door to door, ditemui warga kota ke rumah-rumah," kata Riza.

Yang jelas, kata Riza, saat ini Kota Payakumbuh belum mencapai herd immunity, masyarakat yang ragu harus cepat bersedia untuk divaksin. Kalau alasannya komorbid tentu bisa diterima, tetapi kalau mereka sehat tapi tidak divaksin tentu harus diajak dengan cara yang persuasif dan humanis.

"Bagi yang sudah vaksin, sampai saat ini semuanya kan baik-baik saja. Sampaikan kepada keluarga dan tetangga agar mau divaksin, vaksinnya aman dan halal kok," kata Riza.

Riza menjelaskan, kekhawatirannya adalah terjadi lagi puncak kasus akibat pergerakan orang-orang pada hari libur, selama ini puncak kasus di Indonesia terjadi di momentum itu.

"Kalau masuk bulan Desember, orang akan pulang liburan akhir tahun dari perantauan. Jangan sampai kita ke puncak kasus seperti dulu lagi, jelang akhir tahun dan tahun baru kita sudah harus herd immunity, atau capaian vaksin di atas 70 persen. Mari berjuang, kepada siapa saya minta tolong kalau bukan kepada jajaran saya," pungkasnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar