Padang Panjang Targetkan Vaksinasi Lansia Tembus Angka 40 Persen

Al Imran | Selasa, 02-11-2021 | 18:42 WIB | 31 klik | Kota Padang Panjang
<p>Padang Panjang Targetkan Vaksinasi Lansia Tembus Angka 40 Persen<p>

Pelajar MTsN Padang Panjang, mengantri untuk ikut vaksinasi dosis I yang difasilitasi Puskesmas Bukit Surungan, di halaman sekolah itu, Selasa pagi. (kominfo)

PADANG PANJANG (2/11/2021) - Dua orang pelajar MTsN Padang Panjang, Muhammad Nabil Zuizz dan Luthfi Faith Rarfi mengikuti vaksinasi Covid19 yang digelar, Selasa pagi. Siswa kelas VIII I dan VIII D itu tak ragu untuk disuntik tenaga kesehatan dari Puskesmas Bukit Surungan yang sudah siap sedia di halaman sekolahnya.

Usai mendapatkan suntikan, keduanya mengaku tidak merasakan apa-apa. Meraka juga tidak merasakan efek apapun.

"Rasanya biasa-biasa saja, tidak sakit. Tadi kami pikir jarumnya belum masuk ternyata sudah selesai. Alhamdulillah, sampai saat ini tubuh masih aman-aman saja belum ada menimbulkan gejala apapun," ungkap Nabil.


Mereka berdua mengajak pelajar lain yang masih belum vaksinasi, agar segera ikut berpartisipasi karena hal ini juga salah satu upaya untuk mendorong percepatan penanganan Covid19 khususnya di Kota Padang Panjang.

"Bagi kawan-kawan yang belum vaksin, mari segera vaksin demi kesehatan serta kenyamanan kita semua," ajaknya.

"Vaksin tidak sakit. Kalau sudah vaksin, kita bisa kembali belajar tatap muka seperti biasa dengan nyaman. Mari bersama-sama kita ikuti program vaksin Covid-19 dari pemerintah ini. Tidak keren kalau belum divaksin," ajaknya.

Besok Digelar di Lima Lokasi

Pada Rabu (3/11/2021) besok, Pemko bersama Polres Padang Panjang akan menggelar gebyar vaksin Covid19 di lima tempat titik lokasi yang sudah tentukan.

"Gerai yang telah disediakan di antaranya Samsat, Koramil, Pasar Pusat, Kantor Lurah Ekor Lubuk dan Kantor Lurah Koto Panjang," ungkap Sekda Padang Panjang, Sonny Budaya Putra saat menggelar rapat persiapan Gerai Vaksin Covid19 Padang Panjang di Ruang VIP Balai Kota.

Kepada masing-masing lurah, Sonny meminta agar melakukan mobilisasi warganya untuk ikut berpartisipasi. Dengan target 50 orang per masing-masing kelurahan yang ada.

"Target kita, di bulan Desember 2021 nanti, semua warga Padang Panjang yang wajib vaksin, sudah divaksin dosis pertama 100%," ucapnya.

Ditambahkan Sonny, mengingat adanya penambahan indikator pada evaluasi level PPKM, yaitu capaian vaksinasi Lansia minimal 40% untuk dosis pertama, dia meminta untuk stakeholder terkait agar meningkatkan lagi pemahaman tentang manfaat vaksin bagi kesehatan khususnya bagi para Lansia.

"Kita baru di angka 30.94%. Untuk itu kita harus hati-hati di indikator ini, agar tidak terjadi kenaikan level kembali," ujarnya.

Proses percepatan vaksinasi melalui gebyar vaksin ini, kata Sonny, dilakukan untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di Padang Panjang. Percepatan vaksinasi tersebut akan diberikan kepada semua lapisan masyarakat yang sudah berusia 12 tahun ke atas.

Pemko Padang Panjang juga akan terus melakukan evaluasi untuk percepatan vaksinasi ini agar prosesnya bisa berjalan dengan baik, cepat dan optimal.

Beragam manfaat dapat dirasakan bagi masyarakat yang sudah divaksin. Salah satunya, dapat mencegah fatalitas akibat terpapar Covid19. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar