Tim KSOP Teluk Bayur Tinjau Kondisi Pelabuhan Teluk Tapang

Rabu, 03 November 2021, 15:58 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Tim KSOP Teluk Bayur Tinjau Kondisi Pelabuhan Teluk Tapang
Pimpinan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur, Wigyo dan tim serta Wabup Pasbar, Risnawati dan jajaran, meninjau kondisi dermaga Pelabuhan Teluk Tapang, Selasa. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (2/11/2021) - Pimpinan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur, Wigyo dan tim, meninjau kondisi dermaga Pelabuhan Teluk Tapang, Selasa. Peninjauan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub itu bertujuan, bisa menentukan pembangunan secara teknis yang diperlukan di pelabuhan tersebut.

Pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Teluk Tapang ini, terangnya, masih membutuhkan lampu penerangan, rambu-rambu sebagai penanda untuk mendukung sistem navigasi, memastikan kekuatan dermaga dalam mengangkut berat barang produksi, container bale atau alat untuk mendukung bongkar muat yang lebih cepat dan efesien.

"Terpenting, angker area atau titik koordinat untuk mendeteksi kegiatan kapal yang berlabuh di Teluk Tapang. Semua ini dibangun dalam menunjang kegiatan pengoperasian pelabuhan ini nantinya," kata Wigyo disela peninjauan yang didampingi Risnawanto (Wabup Pasbar).

Wigyo berharap, Pemkab Pasbar dapat bersinergi dengan pemerintah pusat, agar semua pembangunan yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik.

Baca juga: Halal Bihalal dengan LKAAM Pasbar, Risnawanto Nyatakan Siap jadi Calon Bupati di Pilkada 2024

"Pasbar diharapkan jadi daerah percontohan, karena diimbangi fasilitas darat maupun di laut. Jalan yang baik menuju pelabuhan dan dermaga yang layak digunakan," ujarnya.

"Kita telah melihat, Pemkab Pasbar telah memberikan kontribusi yang luar biasa bahkan memfasilitasi kegiatan survei hari ini ke pelabuhan Teluk Tapang. Ini menjadi hal yang sangat piositif, yang dapat mendukung kegiatan jadi optimal kedepannya," terang Wigyo.

Kunjungan Wigyo bersama tim, menandai akan dilanjutkannya pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang di tahun anggaran 2022. Pembangunan akan berkolaborasi antara Kementrian PU dengan Kementrian Perhubungan serta Pemkab Pasaman Barat sebagai pihak yang memfasilitasi pembangunan tersebut.

Lokasi yang disurvei ke pelabuhan, melihat kondisi dermaga serta meninjau jalan menuju dermaga dan mensurvei tambang yang saat ini dikelola PT Gamidra Mitra Kusuma, Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas.

Baca juga: 52 Ribu Pengunjung Hadiri Kegiatan Pesta Pantai Sasak, Ini Kata Wabup Pasbar

Risnawanto menyampaikan, peninjauan dilakukan guna melihat kondisi dermaga dan sarana prasarana pendukung lain dalam pengoperasian dermaga.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: