Panitia Rakernas I JMSI Temui Kapolda Jateng, Ini yang Dijanjikan

Al Imran | Rabu, 03-11-2021 | 18:12 WIB | 20 klik | Nasional
<p>Panitia Rakernas I JMSI Temui Kapolda Jateng, Ini yang Dijanjikan<p>

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Kombes M Iqbal Alqudusy (Kabid Humas) berdialog dengan jajaran Panitia Rakernas I JMSI yang akan digelar di Kota Semarang, 10-12 November 2021. (istimewa)

SEMARANG (3/11/2021) - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan, siap hadir langsung sekaligus menjamin keamanan serta kelancaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kota Semarang, 10-12 November 2021 mendatang.

Hal itu ditegaskan Irjen Ahmad Luthfi usai menerima audiensi Ketua Panitia Rakernas yang juga Ketua Bidang Kerjasama Pengurus Pusat JMSI, Jayanto Arus Adi yang hadir bersama Stefy Thenu (Sekretaris Panitia yang juga Ketua JMSI Jateng), Agus Hermanto (Wakil Ketua JMSI Jateng) dan Damar Sinuko (Pembina JMSI Jateng). Ikut mendampingi, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy.

"Media siber jadi media yang berperan sangat vital di era digital dewasa ini. Media Siber dapat jadi katalisator dan penyaring kabar negatif atau hoaks yang banyak bertebaran di media sosial," ujar Irjen Ahmad Lutfi usai berdialog di ruang kerjanya, Rabu.


Dia berharap, Rakernas menghasilkan keputusan yang baik bagi organisasi perusahan pers tersebut.

Sementara, Jayanto Arus Adi yang juga Pokja Dewan Pers melaporkan, Rakernas I JMSI di Semarang ini akan dihadiri sekitar 200 orang dari 30 pengurus daerah (Pengda) JMSI serta tamu undangan lainnya.

Rakernas ini, merupakan amanat Munas JMSI yang digelar di Riau dan Jakarta secara virtual pada 29 Juni 2020.

Pelaksanaan Rakernas I JMSI di Kota Semarang, kata Jayanto yang juga Pemimpin Umum Kantor Berita RMOL Jateng, tidak hanya membuat sejumlah program penting organisasi.

Namun, juga akan menyusun peta-jalan kampanye penanggulangan Covid19 termasuk di dalamnya kampanye sadar vaksin dan protokol kesehatan.

"Saat ini, ada sekitar 1.000 lebih media di Tanah Air, mulai dari Sabang sampai Merauke, yang berada di bawah naungan JMSI," kata Jayanto.

Jayanto menambahkan, komitmen JMSI menjadikan anggotanya kredibel dan profesional melalui kelembagaan yang tersertifikasi dan terverifikasi oleh Dewan Pers.

Dari 30 provinsi yang memiliki pengurus daerah JMSI, 23 telah terverifikasi secara administrasi dimana 12 di antaranya telah terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers.

"Kami sedang menunggu hasil pleno Dewan Pers terkait JMSI sebagai konstituen Dewan Pers," ungkap Jayanto.

Rakernas I JMSI akan dibuka Ketua DPR RI, Puan Maharani. Dijadwalkan, akan dihadiri Ketua Dewan Pers, M Nuh, Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil dan Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Rakernas juga akan dihadiri Ketua KPK, Firly Bahuri yang membawakan sesi khusus tentang pencegahan korupsi.

Beberapa agenda yang dilaksanankan ditengah gelaran Rakernas di antaranya penandatanganan naskah kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), ATR/BPN, UPN Yogyakarta dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Apresiasi

Pada penutupan Rakernas I ini, JMSI akan memberikan apresiasi pada Kapolda Jateng atas prakarsa penanaman bibit magrove secara massal bertajuk 'Mageri Segara' yang viral dan trending topic twitter.

Sedangkan Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar yang sukses dalam pelayanan berbasis IT lewat aplikasi Libas (Polisi Hebat Semarang) dan Command Center. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar