Dukung Chatib Sulaiman sebagai Pahlawan Nasional, ORARI Gelar Special Call

Al Imran | Sabtu, 06-11-2021 | 21:16 WIB | 22 klik | Kota Padang Panjang
<p>Dukung Chatib Sulaiman sebagai Pahlawan Nasional, ORARI Gelar Special Call<p>

Flyer kampanye Chatib Sulaiman jadi pahlawan nasional oleh ORARI Padang Panjang.

PADANG PANJANG (6/11/2021) - Mendukung Pemerintah Kota Padang Panjang untuk mengusulkan almarhum Chatib Sulaiman untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Padang Panjang, menggelar kegiatan Special Call.

"Tujuan kita sebenarnya mendukung Chatib Sulaiman bisa mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. Kita terus berusaha lebih memperkenalkan pahlawan kita ini. Kita berharap usaha kita ini tidak gagal lagi dan Chatib Sulaiman bisa mendapatkan gelar tersebut," ujar Ketua ORARI Padang Panjang, Ferix Sonanda, Sabtu.

Chatib Sulaiman lahir di Sumpur pada tahun 1906 atau 1907, meninggal di Situjuah Limo Nagari tahun 1949 saat umur 42 atau 43 tahun. Ia adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dari Sumatera Barat. Ia terlbat dalam perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di bawah pimpinan Syafruddin Prawiranegara.


Special Call ini juga digelar untuk mengenang 72 Tahun Masa Juang Chatib Sulaiman dan memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021 yang jatuh pada 10 November mendatang. Dilaksanakan 7-10 November 2021 di beberapa Band dan beberapa Mode di alokasi Band Frekuensi dan Mode.

Pelaksanaan Special Call dengan nama panggilan dari station Pengendalian Net Special Call yaitu "8C72CS".

Dikatakan Ferix, kegiatan ini sekaligus memperkenalkan Chatib Sulaiman kepada masyarakat Indonesia dan dunia. Dimana, melihat dari kilas masa-masa perjuangannya sudah patut menyandang Pahlawan Nasional.

Untuk tata cara pelaksanaan dengan cara melalukan komunikasi radio ke seluruh Indonesia dan dunia dengan menggunakan radio jenis SSB dan memakai panggilan khusus.

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilakukan di Band Amatir Radio 40 Meter Band, 2 Meter Band dan Digital Mode untuk menjangkau negara lain.

Setiap amatir radio di seluruh dunia yang berhasil komunikasi dengan kegiatan ini, akan diberikan piagam. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar