Padang Panjang PPKM Level 1, Buah dari Sinergi dan Nakes yang Tangguh Layani Vaksinasi

Al Imran | Selasa, 09-11-2021 | 12:02 WIB | 40 klik | Kota Padang Panjang
<p>Padang Panjang PPKM Level 1, Buah dari Sinergi dan Nakes yang Tangguh Layani Vaksinasi<p>

Wako Padang Panjang, Fadly Amran lakukan pemeriksaan kesehatan pada kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2021 yang diperingati pada Ahad (7/11/2021). (kominfo)

PADANG PANJANG (8/11/2021) - Tenaga Kesehatan (Nakes) Padang Panjang secara marathon terus melayani masyarakat untuk vaksinasi baik dalam maupun luar kota. Sepanjang Senin, Nakes melayani vaksinasi di sembilan tempat dengan capaian 766 orang.

Terdiri dari 337 orang vaksin dosis pertama, 375 vaksin dosis kedua dan 54 orang dosis ketiga (Moderna) khusus untuk Nakes.

"Selagi stok vaksin ini masih ada, kita akan terus melayani masyarakat untuk divaksin. Seperti kita lihat, warga yang ikut vaksin selalu dalam jumlah signifikan. Ini menandakan sudah banyak warga yang sadar dengan perlunya vaksinasi," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes, Rahmaisa.


Dengan capaian vaksinasi menduduki posisi pertama di Sumbar, menjadikan Padang Panjang berada di PPKM Level 1. Selain itu, terhitung pada Senin ini, tersisa satu orang pasien lagi yang terkonfirmasi positif Covid19.

Bersinergi

Sementara itu, momentum Hari Kesehatan Nasional Tahun 2021 yang diperingati pada Ahad (7/11/2021), ditandai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Bukit Surungan (Busur), Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) dengan menggelar kegiatan Germas dan Gebyar Vaksin, guna memutus mata rantai penularan Covid19.

Kegiatan digelar berupa senam bersama di depan Kantor Pengadilan Negeri, pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, penampilan literasi dari Kelurahan Busur, menjual sayur hasil olahan warga Busur.

Juga ada penyuluhan dan penampilan yel-yel dari Pramuka Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan, serta atraksi Tarung Derajat se-Sumbar saat pelatihan gabungan di Kota Padang Panjang di sepanjang jalan Soekarno Hatta, depan Pengadilan Negeri.

"Kegiatan terbuka ini bisa terlaksana, karena kita sudah berada pada PPKM Level 1 dengan capaian vaksinasi melebihi angka 80%," ungkap Wako Padang Panjang, Fadly Amran saat memberikan sambutan.

Fadly mengajak setiap elemen masyarakat, tetap hidup sehat dan menjaga protokol kesehatan (Prokes) walaupun Padang Panjagn berada di PPKM Level 1 ini.

"Kita harap, Padang Panjang tidak ada lagi ada pasien Covid19, sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan seperti ini dengan normal," harap Fadly Amran.

Kegiatan Germas dan Gebyar Vaksin ini merupakan inovasi LPM Busur jadi kelurahan tangguh di Kota Padang Panjang, sesuai dengan MoU bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Ketua LPM Busur, Akmal berterima kasih pada semua pihak yang sudah ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

"Kami senang sekali bapak dan ibu bisa meluangkan waktunya berkumpul pada hari ini. Semoga kegiatan Car Free Day ini bisa kita laksanakan di minggu-minggu berikutnya," tuturnya.

Acara juga dihadiri Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul, Ketua TP-PKK, dr Dian Puspita, Ketua GOW, Nova Era Yanthy, lurah dan masyarakat. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar