Mustafa jadi Ketua Tanfidziyah dan Ramza Husmen Rais Syuriah PCNU Payakumbuh

Al Imran | Selasa, 09-11-2021 | 18:44 WIB | 30 klik | Kota Payakumbuh
<p>Mustafa jadi Ketua Tanfidziyah dan Ramza Husmen Rais Syuriah PCNU Payakumbuh<p>

wako Payakumbuh, Riza Falepi memberikan sambutan pada Konfercab Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Payakumbuh, Senin. (istimewa)

PAYAKUMBUH (8/11/2021) - Konferensi Cabang (Konfercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Payakumbuh memercayakan H Ramza Husmen sebagai Rais Syuriah dan H Mustafa sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Payakumbuh masa khidmat 2021-2026.

Keduanya terpilih pada Konfercab PCNU Payakumbuh, Senin di aula Balaikota Payakumbuh. Konfercab ini dibuka Wali Kota Payakumbuh, Riza Pahlevi dihadiri Ketua Tanfidziyah PWNU Sumbar, Prof Ganefri, Ketua Caretaker PCNU Payakumbuh, Hujaipah Dalimunthe, utusan 5 Majelis Wakil Cabang (MWC) Kota Payakumbuh.

"Siapapun yang terpilih jadi pimpinan PCNU Payakumbuh, merupakan yang terbaik dalam mengurus NU Payakumbuh lima tahun ke depan. Karena itu, kader NU yang dipercaya jadi pengurus, harus mampu bermitra dengan Pemko Payakumbuh. NU harus bermitra dengan pemerintah dalam membangun umat ke arah yang lebih baik," ungkap Prof Ganefri saat membuka Konfercab.


Dikatakan, NU akan terus berkhidmat untuk kepentingan dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satu caranya, bermitra dengan pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan.

"NU dalam gerakan, pemikiran dan amaliahnya selalu menjaga nilai-nilai toleransi dan berada di tengah-tengah," kata Prof Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang ini.

Hal senada disampaikan Riza Pahlevi yang menyatakan Pemko Payakumbuh siap berkerjasama dan bermitra dengan NU membangun Kota Payakumbuh. Pemko Payakumbuh sangat mendukung kegiatan NU. Buktinya, Konfercab digelar di aula balai kota.

"NU merupakan organisasi yang sangat jelas, organisasi besar, berdiri jauh sebelum kemerdekaan NKRI. NU bisa berperan lebih banyak dalam mendidik masyarakat. NU mampu mempengaruhi perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik," terang Riza.

"Kita prihatin dengan perilaku masyarakat yang terlibat menjadi pencandu narkoba, kriminal dan kejahatan lainnya. Melalui kegiatan NU mudah-mudahan perilaku seperti itu bisa dikurangi," tambah Riza.

Karena itu, kata Riza, Pemko Payakumbuh siap melakukan kerjasama dalam membangun Kota Payakumbuh. Lagi pula, membangun Payakumbuh harus bersama-sama. Tidak bisa wali kota sendiri atau ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh semata.

Seperti vaksinasi, kini sudah 60 persen masyarakat Payakumbuh sudah divaksin. Hasilnya, yang terpapar Covid-19 dratis turun. Sekarang dalam satu minggu, paling 1 orang yang positif.

"Keberhasilan itu karena berbagai pihak di Payakumbuh berperan aktif. Termasuk warga NU Payakumbuh di dalamnya," kata Reza menambahkan.

Ketua Tanfidziyah terpilih, Mustafa menyebutkan, program kerja yang mendesak dilakukan adalah konsolidasi organisasi dan mengaktifkan kegiatan rutin NU di Payakumbuh.

Selain itu, melaksanakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) untuk memantapkan gerakan, pemikiran dan amaliah NU di kalangan warga NU di Payakumbuh.

Untuk melengkapi susunan kepengurusan PCNU, ditetapkan tim formatur yang diketuai Rais Syuriah terpilih Ramza Husmen, Sekretaris Mustafa (Ketua Tanfidziyah terpilih), Sofia Hamdani (perwakilan MWCNU), Wizri Yasir (PCNU) dan Armaidi Tanjung (PWNU Sumbar) masing-masing sebagai anggota. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar