SDN 01 PPT dan Muhammadiyah Ikut Program KM 6 Kemenkeu

Al Imran | Selasa, 09-11-2021 | 19:53 WIB | 21 klik | Kota Padang Panjang
<p>SDN 01 PPT dan Muhammadiyah Ikut Program KM 6 Kemenkeu<p>

Siswa SDN 01 Padang Panjang Timur (PPT) mengikuti program KM 6, Selasa. Kegiatan ini dalam rangka Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-75. (kominfo)

PADANG PANJANG (9/11/2021) - Peringati Hari Oeang Republik Indonesia ke-75, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selenggarakan Program Pendidikan Kemenkeu Mengajar Satu Hari untuk sekolah-sekolah yang ada di Indonesia atau dikenal dengan KM 6.

Selasa, sebanyak 346 sekolah ikut kegiatan KM 6 ini melalui zoom meeting. Dari Padang Panjang, diikuti dua sekolah terpilih yaitu SDN 01 Padang Panjang Timur (PPT) dan SD Muhammadiyah.

Kepala SDN 01, Nurmayeti menyampaikan, tidak semua sekolah bisa dapat mengikuti kegiatan KM 6 ini. Sekolahnya terpilih untuk ikut, karena mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu atas kegiatan KM 6 2021.


"Sebelumnya, kami telah mendaftarkan sekolah SDN 01 ini pada website mengajar Kemenkeu. Alhamdulillah, sekolah kami terpilih dan bisa ikut KM 6 ini," katanya.

Setiap anak yang ikut, akan mendapatkan sertifikat dari Kemenkeu. Sebanyak 60 siswa terdiri dari kelas III dan VI, akan mendapatkannya sertifikat ini.

Dalam kegiatan ini, tambah Nurmayenti, anak-anak diajarkan bagaimana peran Kemenkeu dalam upaya menjaga ekonomi negeri serta memperkenalkan profesi, nilai-nilai kebaikan dan semangat yang ada di Kemenkeu.

Kemenkeu Mengajar ini telah diselenggarakan sejak 2016. Kegiatan ini juga telah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Program Kerelawanan Aparatur Sipil Negara (ASN) pertama di bidang Pengembangan Karakter untuk Siswa SD.

"Kami berterima kasih pada Kemenkeu yang telah memberikan kesempatan bagi sekolah kami untuk belajar bersama-sama," katanya.

Para relawan pengajar KM 6, memberikan informasi dan pemahaman tentang keuangan negara dan peran serta warga negara yang bertanggung jawab, cerdas dan berkarakter.

"Hal ini tentunya dapat menjadi bekal bagi siswa kami semua apabila selesai pendidikan nanti, ada yang menekuni profesi di bidang keuangan."

"Sehingga, ini jadi pengalaman berharga untuk masa depan siswa kami semua. Mereka akan mengenal bagaimana negara kita mengelola keuangan dengan baik," tuturnya.

Nurmayenti berharap, ilmu yang diberikan Kemenkeu ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar