Wako Padang Panjang Ikut Berhujan-hujan di Upacara Hari Pahlawan

Rabu, 10 November 2021, 18:01 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Wako Padang Panjang Ikut Berhujan-hujan di Upacara Hari Pahlawan
Pengendara yang melintas di Simpang PDAM Padang Panjang, untuk ikut mengheningkan cipta selama 60 detik pada Peringatan Hari Pahlawan, Rabu. (kominfo)

PADANG PANJANG (10/11/2021) - Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman balai Kota Padang Panjang, Rabu diwarnai hujan lebat. Inspektur upacara, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran saat membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) RI, Fadly memilih turun dari mimbar dan berhujan-hujan bersama seluruh peserta hingga upacara selesai.

Fadly menyebutkan, tema "Pahlawanku Inspirasiku" di Hari Pahlawan ini, diharapkan jadi sebuah momentum sekaligus inspirasi bagi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menghadapi kehidupan selanjutnya.

Dalam amanat Mensos yang dibacakannya, negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan.

"Ratusan tahun kita dijajah, ratusan tahun kita terpecah belah, hingga akhirnya kita bersatu hingga saat ini," katanya.

Baca juga: HARI PAHLAWAN KE-78: DANDIM 0311 Pimpin Upacara di Pessel

Disebutkan, lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan. "Kita sadar, bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928," sebutnya.

Dikatakan, dengan semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi bersejarah "mengalahkan" musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021, "Pahlawanku Inspirasiku."

"Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena, Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah," ujarnya.

Ziarah ke TMP

Baca juga: Peringatan Hari Pahlawan ke-78 tingkat Sumbar, Audy: Kekayaan Alam dan Potensi Penduduk jadi Tantangan

Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Sakti di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat. Ziarah diawali dengan penghormatan pada para arwah pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan doa bagi arwah pahlawan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: