JMSI Tandatangani Kesepahaman dengan UPN dan UNS untuk jadi Penguji UKW

Kamis, 11 November 2021, 21:27 WIB | News | Nasional
JMSI Tandatangani Kesepahaman dengan UPN dan UNS untuk jadi Penguji UKW
Ketua Umum PP JMSI, Teguh Santosa usai penandatanganan nota kesepahaman dengan UPN Veteran dan UNS dalam rangka menjadikan JMSI sebagai penyelenggara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) disela Rakernas I, Kamis di Semarang.

SEMARANG (11/11/2021) - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) tandatangani nota kesepakatan dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dan Universitas Negeri Semarang (UNS). Kesepahaman ini dalam rangka menjadikan JMSI sebagai penyelenggara Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Dua kampus ini, merupakan lembaga yang sah dan diakui Dewan Pers sebagai penguji UKW," ungkap Ketua Umum PP JMSI, Teguh Santosa usai penandatangan, Kamis siang.

Penandatanganan kesepahaman ini berlangsung pada Rapat Kerja Nasional JMSI I di aula Hotel Metro Park View di Kota Semarang. Berisikan tentang kerjasama di bidang uji kompentensi terhadap wartawan yang tergabung di JMSI.

Sementara itu, Sekretaris JMSI Sumatera Barat, Aguswanto yang ikut hadir dalam Rakernas I JMSI itu menilai, kerjasama UKW ini bernilai strategis bagi anggota JMSI di seluruh Indonesia dalam mewujudkan ekosistem industri pers yang berkualitas.

Baca juga: JMSI dan KPU RI Tandatangani Nota Kesepahaman Kepemiluan

"Wartawan anggota JMSI mesti berkompeten terutama penanggungjawabnya harus kompetensi utama dalam mewujudkan industri pers yang berkualitas dalam tujuannya memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi," terangnya.

Banjir Sosial Media

Selain itu, Teguh Santoso di hadapan peserta Rakernas I menyatakan. JMSI ini dibentuk dua tahun lalu di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyikapi banyaknya pemberitaan di media sosial yang tidak benar, namun ada benarnya.

"Dari fenomena itu lah, kemudian timbul kenginan sejumlah praktisi pers untuk berkontribusi, menyajikan informasi sesuai fakta dan kejadian aktualnya," ungkap Teguh.

Baca juga: Kembar Winda-Windi Ramaikan Pengukuhan JMSI Jambi

Dikatakan Teguh, setelah terbentuknya JMSI di rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Kalsel itu, prosesnya tidak dapat berjalan maksimal karena terbentur dengan pandemi Covid19. JMSI tidak berdiam diri, terus berjuang untuk pembentukan kepengurusan di seluruh Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: