HKN jadi Refleksi 'Perang' terhadap Covid19

Al Imran | Minggu, 14-11-2021 | 19:48 WIB | 26 klik | Kota Bukittinggi
<p>HKN jadi Refleksi 'Perang' terhadap Covid19<p>

Wako Bukittinggi, Erman Safar melepas balon saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tingkat Bukittinggi, di Pelataran Jam Gadang, Sabtu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (13/11/2021) - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Kota Bukittinggi yang pelaksanaan acaranya digelar di Pelataran Jam Gadang, berlangsung meriah, Sabtu.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sambutannya menyampaikan beberapa refleksi makna yang berarti dari momentum Hari kesehatan Nasional di tengah pandemi tahun ini.

"Hari ini kita merefleksikan perjalanan perjuangan seluruh elemen masyarakat Bukittinggi, saat bersama-sama berjuang menghadapi titik terbawah dampak Covid19 hingga kondisi bisa mencapai PPKM Level 1. Ini adalah buah hasil kerja keras dan dukungan semua pihak," ujar Erman.


Pemko Bukittinggi, terang dia, akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat dalam menjalankan kebijakan jalan perubahan dan transformasi guna menghadapi dampak panjang dari pandemi Covid19.

"Kita memilih kebijakan transformasi kesehatan dengan peningkatan layanan dan fasilitas kesehatan bersama 6 langkah pemerintah dalam upaya pewujudannya," jelas Erman.

Dia mengajak semua masyarakat, untuk memberikan doa dan apresiasi kepada setiap insan tenaga kesehatan dan keluarga yang telah gugur dalam perjuangan melawan virus Covid19.

"Semoga, Prokes mendarah daging dalam diri kita sehingga tidak ada lagi warga yang terpapar Covid19," tutur dia.

Kegiatan yang mengangkat tema "Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku" itu, juga dihadiri Wakil Wali Marfendi dan Kapolres Bukittinggi. Turut hadir Sekretaris Daerah, Martias Wanto, Kepala Dinas Kesehatan, Erwin Umar, Direktur Rumah Sakit se-Bukittinggi, Kepala Puskesmas se-Bukittinggi dan Organisasi-organisasi kesehatan se-Bukittinggi.

Erman membuka rangkaian kegiatan puncak peringatan HKN yang dimulai dengan senam pagi bersama dengan unsur-unsur kesehatan, dilanjutkan Long March jalan sehat dari Lapangan Wirabraja hingga Jam Gadang.

Sebelumnya beberapa kegiatan dalam rangka peringatan HKN telah digelar sejak 7 hingga 13 November. Di antaranya, perlombaan bulu tangkis, tenis meja, video kreatif, TikTok Sosialisasi Prokes, Menyanyi, Poster ajakan vaksinasi serta upacara secara virtual peringatan HKN.

Edukasi Kesehatan

Sementara itu, Ketua Panitia HKN, dr Fathimah dalam laporannya mengatakan, Peringatan HKN 2021 ini disinergikan dengan momentum edukasi kesehatan pada Masyarakat.

Selain itu, peringatan HKN kali ini juga merupakan puncak Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di antaranya pemeriksaan tekanan darah gratis, donor darah dan pembagian masker serta hand sanitizer pada masyarakat. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar