Pertama Kali di MTQ ke-39

Cabang Hafalan Hadist Diikuti 18 Peserta

Al Imran | Senin, 15-11-2021 | 17:26 WIB | 17 klik | Kota Padang Panjang
<p>Cabang Hafalan Hadist Diikuti 18 Peserta<p>

Salah seorang peserta MTQ cabang hafalan, tengah mengikuti proses penilaian. (kominfo)

PADANG PANJANG (15/11/2021) - Cabang Hafalan 500 Hadist Tanpa Sanad dan 100 Hadist Bersanad jadi yang pertama kali digelar pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Padang Panjang.

Kegiatan dilaksanakan di Masjid Muttaqin Muhammadiyah, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat.

"Peserta cabang hafalan 500 hadist yaitu empat laki-laki dan tiga perempuan. Cabang hafalan 100 hadist bersanad, enam laki-laki dan lima perempuan. Total, 18 peserta dari cabang hafalan hadist ini," ungkap Ketua Bidang Musabaqah Hifdzul Hadist, Edi Safri, Senin.


Untuk Hafalan 500 Hadist Tidak Bersanad diikuti peserta dari Kafilah Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Solok dan Kota Padang.

Sementara, Hafalan 100 Hadist Tidak Bersanad diikuti peserta dari Kafilah Kabupaten Agam, Dharmasraya, Kabupateh Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Solok, Kota Padang dan Padang Panjang.

Dikatakan, ada tiga komponen penilaian pada cabang tersebut. Yakni, tahfizh dengan bobot 50 persen, tajwid 25 persen dan fasahah 25 persen.

Ketiga komponen tersebut dinilai oleh masing-masing hakim.

"Ada tiga hakim yang menilai. Tahfizh ada hakim yang menilai, tajwid ada hakimnya begitu juga dengan fasahah," ungkapnya.

Edi Safri mengapresiasi, cabang hafalan hadist pada MTQ ini. Menurutnya, menghafal hadist memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

"Saya sangat mengapresiasi. Sudah muncul di kalangan anak-anak kita ikut dalam Musabaqah Hifdzul Hadist ini."

"Hafalan hadist ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Ada sanad, nama-nama perawi sampai tujuh tingkat, ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Alhamdulillah, telah muncul para penghafal hadist," tuturnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar