Rais Syuriah dan Tanfidziyah PCNU Pessel Dijabat Yose Rizal dan Subiyanto

Senin, 15 November 2021, 18:18 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Rais Syuriah dan Tanfidziyah PCNU Pessel Dijabat Yose Rizal dan Subiyanto
Foto bersama peserta Konferensi Cabang (Konfercab) NU Kabupaten Pesisir Selatan, Ahad, di aula Kantor Kemenag Pesisir Selatan, Painan. (istimewa)

PAINAN (14/11/2021) - Buya H Yose Rizal terpilih jadi Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pesisir Selatan masa khidmat 2021-2026. Sedangkan Buya Subiyanto ditetapkan sebagai Ketua Tanfidziyah.

Keduanya terpilih pada Konferensi Cabang (Konfercab) NU Kabupaten Pesisir Selatan, Ahad, di aula Kantor Kemenag Pesisir Selatan, Painan.

Pada pemilihan bakal calon Ketua Tanfidziyah, Hamidun mendapatkan 4 suara sedangkan Subiyanto 8 suara. Pada pembahasan tata tertib yang boleh jadi calon harus mendapatkan 5 dukungan suara.

Karena yang melebihi dapat suara 5 hanya Subiyanto, maka peserta Konfercab sepakat menetapkan Subiyanto sebagai Ketua Tanfidziyah.

Baca juga: BANJIR PESSEL: PDAM Tirta Langkisau Diskon Tagihan Pelanggan 50 Persen

Subiyanto usai terpilih dihadapan peserta menyampaikan, PCNU Kabupaten Pesisir Selatan ke depan harus diperkuat dengan berbagai kegiatan keagamaan, kemasyarakatan dan gerakan.

"Yang paling mendesak itu adalah menjaga amaliah NU agar tetap menjadi amalan dan tradisi NU di masyarakat. Sehingga tidak ada tradisi dan amalan yang sudah tumbuh dan rutin dilakukan jamaah harus ditinggalkan," kata Subiyanto.

Subiyanto mengakui, tantangan NU ke depan semakin berat. Saat ini semakin banyak paham-paham keagamaan yang melenceng dari pemahaman agama yang sudah dianut dan dipraktekkan oleh para ulama terdahulu.

Termasuk paham-paham keagamaan yang tidak sesuai dengan NU. Bahkan mulai muncul pemahaman yang sesat menyesatkan, mengkafirkan pihak lain yang berbeda dengan paham mereka.

Baca juga: RELAWAN SATRIA INSPIRES: Dipercaya Perantau, Di Apresiasi Pemkab Pessel

"Insyaa Allah, dengan adanya Konfercab dan terpilihnya pengurus NU yang baru, sangat diharapkan bisa membentengi umat dari pemikiran dan pemahaman keagamaan yang kurang pas bagi masyarakat Pesisir Selatan," kata Subiyanto.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: