Jahe Instan Faizah Diminati di Padang Panjang Ekspo

Al Imran | Selasa, 16-11-2021 | 17:14 WIB | 42 klik | Kota Padang Panjang
<p>Jahe Instan Faizah Diminati di Padang Panjang Ekspo<p>

Jahe Instan Dwi Putri yang diproduksi pengusaha UMKM asal Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur. (kominfo)

PADANG PANJANG (16/11/2021) - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ikut pameran di Padang Panjang Expo selama penyelenggaraan MTQ ke-39 berlangsung, tak menyangka pengunjung akan ramai. Mereka merasa bersyukur bisa promosikan produk mereka secara langsung.

Salah satunya, Faizah (55) yang merupakan produsen minuman sehat "Jahe Instan Dwi Putri" andalannya. Ia mengaku merasakan kedahsyatan MTQ Nasional yang ke-39 ini dalam mendatangkan pengunjung yang ramai ke Padang Panjang EXPO.

"Daya tariknya luar biasa. Ramai sekali pengunjung sejak hari pertama. Saya bisa secara langsung memperkenalkan produk yang saya jual. Paling tidak, pengunjung bisa mencicipi dulu dan bisa merasakan langsung nikmatnya. Bagi yang betul-betul tahu serta merasakan khasiatnya, pasti akan balik lagi, akan beli lagi," tuturnya.


Disebutkan, produk minuman sehat ini ia rintis kurang lebih 3 tahun ini. Terinspirasi dari melimpahnya tumbuhan jahe di kampung halamannya di Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur.

"Di kampung kami, di Koto Katik itu, Jahe sangat berlimpah dan terbuang-buang saja. Kan mubazir. Terpikir sama kami bagaimana jika diolah. Kebetulan ada pelatihan mengolah Jahe gratis. Kita hanya menyediakan bahan saja, selebihnya telah disediakan, tentu senanglah kami," terangnya.

"Akhirnya, saya bersama ibuk-ibuk yang lainnya, ikut pelatihan itu. Ada sekitar 20 orang yang ikut, namun karena kesibukan masing-masing, saat ini hanya saya sendiri yang bertahan," ceritanya.

Produk yang telah dirintis sejak 2018 ini, diproduksi sendiri oleh Faizah. Mulai dari rakitan mesin untuk penggilangan Jahe, dibuat sendiri oleh sang suami. Minuman sehat ini terbuat dari bahan murni dari Jahe dengan tambahan gula dan sedikit garam agar lebih awet.

Kini, produk itu sudah memiliki label halal dan terjamin khasiatnya untuk kekebalan tubuh apalagi dimasa pandemi seperti saat ini.

"Minuman Jahe ini sangat bagus diminum ketika demam atau meriang. Apalagi dimasa pandemi saat ini. Sekarang banyak orang yang memesan Jahe Merah pada saya, karena mereka sudah merasakan khasiatnya sendiri. Sejak minum ini, badan menjadi lebih fit dan tidak gampang sakit," tambahnya.

Faizah menjelaskan, kemasan produknya dikemas sendiri, namun tahun ini mendapatkan bantuan kemasan baru sebanyak 1.000 pcs secara gratis dari Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM.

Untuk harga jual, kata Faizah, cukup terjangkau. Mulai dari kemasan 80 gr dengan harga Rp25.000 dan kemasan 200 gr dengan harga Rp50.000.

Karena bazaar, Faizah memberikan diskon 10 % bagi pengunjung yang membeli langsung ke standnya di Padang Panjang Expo selama MTQ berlangsung.

Bagi yang ingin memesan dan merasakan langsung khasiat minuman sehat "Jahe Instan Dwi Putri" ini, bisa langsung pesan via nomor 081267915836 atau langsung datang ke bazaar Padang Panjang Expo di Bancah Laweh. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar