Jahe Instan Faizah Diminati di Padang Panjang Ekspo

Selasa, 16 November 2021, 17:14 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
Jahe Instan Faizah Diminati di Padang Panjang Ekspo
Jahe Instan Dwi Putri yang diproduksi pengusaha UMKM asal Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur. (kominfo)

PADANG PANJANG (16/11/2021) - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ikut pameran di Padang Panjang Expo selama penyelenggaraan MTQ ke-39 berlangsung, tak menyangka pengunjung akan ramai. Mereka merasa bersyukur bisa promosikan produk mereka secara langsung.

Salah satunya, Faizah (55) yang merupakan produsen minuman sehat "Jahe Instan Dwi Putri" andalannya. Ia mengaku merasakan kedahsyatan MTQ Nasional yang ke-39 ini dalam mendatangkan pengunjung yang ramai ke Padang Panjang EXPO.

"Daya tariknya luar biasa. Ramai sekali pengunjung sejak hari pertama. Saya bisa secara langsung memperkenalkan produk yang saya jual. Paling tidak, pengunjung bisa mencicipi dulu dan bisa merasakan langsung nikmatnya. Bagi yang betul-betul tahu serta merasakan khasiatnya, pasti akan balik lagi, akan beli lagi," tuturnya.

Disebutkan, produk minuman sehat ini ia rintis kurang lebih 3 tahun ini. Terinspirasi dari melimpahnya tumbuhan jahe di kampung halamannya di Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

"Di kampung kami, di Koto Katik itu, Jahe sangat berlimpah dan terbuang-buang saja. Kan mubazir. Terpikir sama kami bagaimana jika diolah. Kebetulan ada pelatihan mengolah Jahe gratis. Kita hanya menyediakan bahan saja, selebihnya telah disediakan, tentu senanglah kami," terangnya.

"Akhirnya, saya bersama ibuk-ibuk yang lainnya, ikut pelatihan itu. Ada sekitar 20 orang yang ikut, namun karena kesibukan masing-masing, saat ini hanya saya sendiri yang bertahan," ceritanya.

Produk yang telah dirintis sejak 2018 ini, diproduksi sendiri oleh Faizah. Mulai dari rakitan mesin untuk penggilangan Jahe, dibuat sendiri oleh sang suami. Minuman sehat ini terbuat dari bahan murni dari Jahe dengan tambahan gula dan sedikit garam agar lebih awet.

Kini, produk itu sudah memiliki label halal dan terjamin khasiatnya untuk kekebalan tubuh apalagi dimasa pandemi seperti saat ini.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

"Minuman Jahe ini sangat bagus diminum ketika demam atau meriang. Apalagi dimasa pandemi saat ini. Sekarang banyak orang yang memesan Jahe Merah pada saya, karena mereka sudah merasakan khasiatnya sendiri. Sejak minum ini, badan menjadi lebih fit dan tidak gampang sakit," tambahnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: