Kemensos Bantu Kebutuhan Dasar 168 Disabilitas di Padang

Al Imran | Selasa, 16-11-2021 | 20:07 WIB | 17 klik | Kota Padang
<p>Kemensos Bantu Kebutuhan Dasar 168 Disabilitas di Padang<p>

Wako Padang, Hendri Septa menerima secara simbolis bantuan kebutuhan dasar bagi penyandang disabilitas, yang diserahkan Bendahara BRSPDSN Tan Miyat, Serti Sitorus didampingi Yufsin Sumirna (Fungsional Umum BRSPDSN Tan Miyat), Selasa. (humas)

PADANG (16/11/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa menyerahkan bantuan program asistensi rehabilitasi sosial (atensi) Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan ini melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Tan Miyat, Bekasi. Diserarhkan pada 168 orang penyandang disabilitas di Kota Padang

"Bantuan ini diupayakan pihaknya melalui Dinas Sosial (Dinsos) dalam rangka meningkatkan layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas Kota Padang," ungkap Hendri saat penyerahan bantuan di Palanta Wali Kota Padang, Selasa.

Dikatakan, bantuan ini juga merupakan komitmen Pemko Padang terhadap pemenuhan hak disabilitas sekaligus untuk menggugah kesadaran dan pemahaman bersama tentang pentingnya upaya pemajuan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.


"Kita bersyukur, usulan kita diterima Kemensos melalui BRSPDSN Tan Miyat melalui program atensi. Alhamdulillah, hari ini dapat kita serahkan secara simbolis kepada 168 penyandang disabilitas yang ada di Kota Padang," ungkap Hendri didampingi Kepala Dinsos, Afriadi.

Hendri menyebut, dengan pemberian bantuan ini diharapkan para penyandang disabilitas Kota Padang dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan pemenuhan kebutuhan dasarnya. Selanjutnya meningkatkan kapasitas dan pengembangan diri disabilitas dan keluarga serta meningkatkan daya saing mereka.

Sementara itu, Afriadi menyebutkan, bantuan yang diserahkan kali ini sesuai dengan proposal bantuan yang disampaikan ke Kemensos melalui BRSPDSN Tan Miyat di Bekasi. Yakni bantuan kebutuhan dasar, alat bantu kemandirian dan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) serta peningkatan kapasitas disabilitas melalui bimbingan sosial.

Afriadi melanjutkan, bantuan ini merupakan lanjutan , dimana pada tahap pertama bersumber dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Budi Perkasa di Palembang, yang diserahkan langsung Mensos di BBPPKS Regional I Sumatera, 2 Oktober 2021 lalu.

"Rincian 168 penyandang disabilitas Kota Padang tersebut yakni disabilitas rungu wicara sebanyak 12 orang, fisik ringan 21 orang, fisik berat 29 orang, sensorik netra 6 orang dan disabilitas mental berjumlah 100 orang. Kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik," harapnya.

Hadir langsung saat itu, Bendahara BRSPDSN Tan Miyat, Serti Sitorus dan Fungsional Umum di BRSPDSN Tan Miyat, Yufsin Sumirna. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar