Hendri Septa Klaim, Penurunan Angka Kemiskinan Melebihi Target RPJMD

Rabu, 17 November 2021, 06:29 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Hendri Septa Klaim, Penurunan Angka Kemiskinan Melebihi Target RPJMD
Wako Padang, Hendri Septa memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Padang 2021, di Padang, Selasa pagi. (humas)

PADANG (16/11/2021) - Pada tahun 2020 angka kemiskinan di Kota Padang 4,40%, turun dari angka sebelumnya 4,48% di tahun 2019. Ini sudah melebihi dari yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 yaitu 4,65%.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang, Hendri Septa saat membuka Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Padang 2021, di Padang, Selasa pagi.

"Walau dimasa pandemi, ternyata kita dapat menurunkan angka kemiskinan, hal ini dikarenakan banyak bantuan langsung tunai dan Sembako diberikan pada masyarakat serta tingginya sikap kegotongroyongan warga," ungkap Hendri Septa.

Hendri Septa menambahkan, Pemerintah Kota Padang telah dan sedang melaksanakan beberapa program penanggulangan kemiskinan seperti diamanatkan oleh Peraturan Presiden No 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Baca juga: PT Semen Padang Serahkan CSR Sarana Prasarana Disabilitas untuk Mall Pelayanan Publik Bukittinggi

Di antaranya, menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai data sasaran dalam penanggulangan kemiskinan, mensinergikan program yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat pemerintah kota dan antar OPD.

"Saya menyambut baik bahwa program penanggulangan kemiskinan ini telah diprogramkan secara menyeluruh oleh masing-masing OPD dilingkup Pemerintah Kota Padang. Semoga ini hal dapat menurunkan angka kemiskinan di Kota Padang," ucap Hendri.

Pemimpin Kota Padang itu berharap, rapat koordinasi ini dapat lebih fokus pada program-program yang ditujukan kepada masyarakat miskin, supaya masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan dapat lebih diperhatikan.

"Kita juga berharap, melalui upaya tersebut pembangunan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kota Padang," pungkas Hendri didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Edi Hasymi dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Endrizal.

Baca juga: Urus Adminduk di Padang Cukup di Kelurahan

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Padang, Yenni Yuliza mengatakan, TKPKD merupakan wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan untuk penanggulangan kemiskinan di Kota Padang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: