Konjen India Tawarkan Kerja Sama Bidang IT dan Investasi di Padang

Al Imran | Sabtu, 20-11-2021 | 21:43 WIB | 14 klik | Kota Padang
<p>Konjen India Tawarkan Kerja Sama Bidang IT dan Investasi di Padang<p>

Wali Kota Padang, Hendri Septa memasangkan deta pada Konsulat Jenderal (Konjen) India di Kota Medan, Mr Shubham Singh dalam kunjungan kerja, Kamis. (humas)

MEDAN (18/11/2021) - Di tengah lawatannya ke Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Wali Kota Padang, Hendri Septa dan jajaran juga mengunjungi Konsulat Jenderal (Konjen) India.

Dalam pertemuan yang dilangsungkan Kamis itu, Hendri Septa disambut pejabat Konjen India di Kota Medan, Mr Shubham Singh.

Dalam penyampaiannya, Hendri terlebih dulu menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada Shubham Singh yang telah menyambut kunjungannya bersama rombongan.


Ia pun berharap, lewat pertemuan itu akan terciptanya beberapa hubungan kerjasama kedepannya.

"Kita menawarkan kembali pada Konjen untuk pelaksanaan Collaborative Event India dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Padang ke-353 mendatang. Begitu juga dalam rangka Peringatan 73 Tahun Kerja Sama Indonesia-India yang akan berlangsung dari 4-11 Agustus 2022," sebut Hendri.

Dijelaskan, kegiatan Collaborative Event India yang bakal digelar nantinya, selain menggelar pertunjukan seni dan budaya (film dan tarian India) serta kuliner India dan photo exhibition, juga dihelat seminar tentang kesehatan disertai pemeriksaan kesehatan gratis dan senam yoga.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menambah kemeriahan HUT Kota Padang ke-353 nantinya. Apalagi kita juga akan menggelar Pawai Telong-telong, pertunjukan Barongsai, Padang Internasional Dragon Boat Festival (PIDBF), Lomba Marandang, Padang Fair, pertunjukkan seni dan budaya serta kegiatan menarik lainnya," harap Hendri.

Dia juga menawarkan pada Shubham Singh, untuk datang ke Kota Padang pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-15 yang pelaksanaannya berbarengan pada momentum HUT Kota Padang tersebut.

"Kita harapkan Mr Shubham Singh turut membawa serta delegasi bisnis dan tim keseniannya untuk ambil bagian dalam acara Rakernas Apeksi nantinya. Semoga, dengan itu menambah kemeriahan beberapa kegiatan yang digelar," tukasnya.

Sementara itu, Mr Shubham Singh mengaku senang atas kunjungan dari Wali Kota Padang tersebut.

Mr Shubham juga menawarkan sejumlah kerja sama dengan Kota Padang. Di antaranya bidang informasi dan teknologi (IT) antara universitas di Kota Padang dengan universitas terkemuka di India.

"Kita juga menawarkan kerjasama investasi dari India untuk Kota Padang terutama yang berhubungan dengan bahan bumbu tradisional dan juga bisa digunakan untuk ornamen dekorasi. Tidak terutup kemungkinan, apa saja bisa dikerjasamakan nantinya," imbuhnya.

Terakhir, Mr Shubham Singh juga mengungkapkan ketertarikannya untuk menyaksikan secara langsung event Serak Gulo (Membagi-bagikan Gula) di Kota Padang di 2022 nantinya.

Dimana diketahui, event tahunan yang digelar setiap 1 Jumadil Akhir penanggalan hijriyah ini, merupakan tradisi turun temurun yang dijalankan oleh warga muslim keturunan India di Kota Padang tepatnya di Jalan Pasar Batipuh, Kelurahan Pasa Gadang.

Tradisi tersebut diyakini sebagai simbol rasa syukur umat muslim keturunan India atas rezeki yang diterima sepanjang tahun.

Dikesempatan tersebut Wali Kota Padang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar, Kabag Kerja Sama Erwin M, Kabag Prokompim Amrizal Rengganis dan Dirut Perumda Air Minum Hendra Pebrizal. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar