Menteri Perhubungan Minta Padang Siapkan Sarana Pendukung di Terminal Anak Aie

Al Imran | Minggu, 21-11-2021 | 13:48 WIB | 22 klik | Kota Padang
<p>Menteri Perhubungan Minta Padang Siapkan Sarana Pendukung di Terminal Anak Aie<p>

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi didampingi Hendri Septa (Wako Padang) beserta jajaran terkait, meninjau Terminal Anak Aie, di Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Sabtu siang. (humas)

PADANG (20/11/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Anak Aie, di Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Sabtu siang.

Terminal Anak Aie adalah terminal bertipe A yang mulai dioperasikan sejak Oktober 2021 lalu. Dia akan jadi terminal bus utama di Kota Padang menggantikan Terminal Lintas Andalas yang kini jadi beralih fungsi jadi pusat perbelanjaan dan Terminal Bingkuang yang telah jadi area perkantoran.

Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan beroperasinya terminal Anak Aie ini, akan jadi simpul bagi angkutan perkotaaan, angkutan antarkota dan provinsi di Kota Padang.


"Di samping itu, dengan beroperasinya terminal Anak Aie ini, bagi masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi dalam kegiatan sehari-hari, dapat pindah pada angkutan massal. Untuk itu, kami harapkan kepada Pak Wali Kota Padang, agar menyiapkan sarana prasarana menuju terminal Anak Aie ini," jelasnya.

Gayung bersambut, Hendri Septa mengatakan, untuk menunjang beroperasinya terminal Anak Aie. Pemerintah Kota Padang telah menganggarkan dana sebasar Rp60 miliar untuk akses jalan menuju terminal.

"Kita telah menyiapkan anggaran sebesar Rp60 miliar. Pada 2022 nanti kita mulai dengan anggaran sebesar Rp10 miliar, kemudian untuk finalisasi Rp50 milyar pada 2023," sebutnya.

Di kesempatan itu, Hendri Septa mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menhub ke Kota Padang untuk melihat langsung perkembangan terminal Anak Aie.

"Semoga, dengan kehadiran bapak menteri, dapat memberikan arahan kepada kami untuk perbaikan terminal ini ke depannya," pungkas Hendri Septa.

Hadir mendampingi Wako, Kepala Bappeda Kota Padang, Yenni Yuliza, Kepala DPRKP, Tri Hadiyanto yang juga Plt Kadis PUPR dan Kepala Dinas Perhubungan, Dian Fakhri.

Usai mengunjungi terminal Anak Air, Hendri Septa bersama Budi Karya meninjau perlintasan rel kereta api di Koto Baru, Kelurahan Koto Baru Nan XX, Kecamatan Lubeg. Dilanjutkan peninjauan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar