Ini Tujuan Proyek Drainase Primer di Jl Perintis Kemerdekaan

Minggu, 21 November 2021, 17:09 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Ini Tujuan Proyek Drainase Primer di Jl Perintis Kemerdekaan
Pembangunan saluran drainase primer di ruas Jl Perintis Kemerdekaan, mulai dari depan SMPN 1 hingga Rumah Potong, telah mengakibatkan dampak gangguan. (hamriadi)

BUKITTINGGI (21/11/2021) - Pengerjaan proyek pembangunan saluran drainase primer di ruas jalan Perintis Kemerdekaan, mulai dari depan SMPN 1 hingga Rumah Potong, telah mengakibatkan dampak gangguan masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bukittinggi, Rahmat AE, Ahad mengatakan, proyek Pembangunan Drainase Primer ini bertujuan mengurangi debit air yang datang dari kawasan hulu batas kota Bukittinggi.

"Air dari hulu batas kota Bukittinggi itu, berasal dari Kabupaten Agam yaitu, Bandar Durian yang masuk ke Saluran di Jalan Sudirman," paparnya.

Drainase dibuat, terangnya, guna mengalihkan titik crossing air yang selama ini menyebabkan genangan di kawasan Jembatan Besi, Simpang Capella, Masjid Darussalam, kawasan Galiano dan Pasar Bawah.

Baca juga: Erman Safar: Bansos Langsung Dirasakan Manfaatnya oleh Puluhan Ribu Warga

Disamping itu juga direncanakan untuk menampung air dari Bukit Cangang di samping SMP N 1, Jl H Agus Salim, Kawasan Pasar Atas yaitu dari Jenjang Gudang, dari Pasar Lereng, dari Jenjang 40, Jalan Cindua Mato yang akan dihubungkan dengan saluran primer ini.

Proyek tersebut direncanakan pada Tahun Anggaran (TA) 2019. Proses Perencanaan Detail Design Engineering (DED) dilakukan pada Tahun Anggaran 2020, yang dilaksanakan oleh Bidang Jalan, Jembatan dan Irigasi Dinas PUPR pada periode pemerintahan Ramlan Nurmatias sebagai wali kota.

Proyek yang telah berlangsung selama dua bulan ini, ditargetkan selesai 26 Desember 2021.

Pekerjaan yang telah menyebabkan keluhan masyarakat terkait material berupa tanah sisa galian dari pekerjaan drainase yang tengah berlangsung ini, dilakukan gotong royong (goro) pembersihan di Jl Perintis Kemerdekaan dari sisa galian pekerjaan drainase.

Baca juga: 3.636 KPM Bukittinggi Terima Bansos Sembako dan PKH Triwulan I

Pembersihan tersebut langsung atas instruksi wali kota, sehingga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) beserta dinas terkait lainnya untuk melakukan goro.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: