Sumatera Barat Musnahkan Obat Senilai Rp5 Miliar

Al Imran | Senin, 22-11-2021 | 14:53 WIB | 44 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Sumatera Barat Musnahkan Obat Senilai Rp5 Miliar<p>

Seorang operator mesin giling, menghancurkan ratusan ribu butir obat-obatan yang sudah kedaluarsa di halaman Dinas Kesehatan Sumbar, Senin siang. (veby rikiyanto)

PADANG (22/11/2021) - Sebuah mesin gilas warna kuning, melumatkan ratusan ribu butir obat senilai Rp5 miliar di halaman Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Senin siang. Yang dimusnahkan merupakan obat dari beberapa program pemerintah seperti obat untuk penderita HIV dan filariasis (kaki gajah).

"Obat-obatan yang dimusnahkan tersebut, merupakan obat yang telah kedaluarsa sejak tahun 2018 dengan nilai taksirannya sekitar Rp5 miliar," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbar, Busril disela pemusnahan.

Dijelaskan Busril, obat-obat yang dimusnahkan tersebut, sebagian bersumber dari APBN. Juga ada yang berasal dari belanja daerah. Busril memastikan, seluruh obat yang dimusnahkan ini sudah kedaluarsa.


"Terakhir kalinya, kita memusnahkan obat-obatan pada 2018 lalu yang terdiri dari obat program dan vaksinasi. Pembiayaannya, dari berbagai sumbar. Ada yang dari APBN dan ada dari APBD," ungkap dia.

Dikatakan, pemusnahan obat-obat tersebut, sudah melalui koordinasi dengan berbagai pihak. Seperti, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD.

"Setelah dilumat, obat-obatan kedaluarsa ini akan dibawa dengan menggunakan mobil khusus ke Jakarta. Dibuang ke tempat pemusnahan limbah medis," tegasnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar