Fakultas Kedokteran Unand Luncurkan Modul Pakde Gula bagi Penderita Diabetes

Selasa, 23 November 2021, 19:22 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Fakultas Kedokteran Unand Luncurkan Modul Pakde Gula bagi Penderita Diabetes
Guru besar Fakultas Kedokteran Unand, Prof Rizanda Machmud bersama dosen Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dr Ulya Uti Fasrini foto bersama usai peluncuran modul Pakde Gula bersama kader Posbindu Wilayah Puskesmas Ambacang, di

PADANG (22/11/2021) - Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggelar pelatihan kader Posbindu di wilayah Puskesmas Ambacang, Sabtu (20/11/2021). Materi yang disampaikan tentang diet sehat bagi penderita diabetes melitus.

Materi disampaikan dosen pada Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dr Ulya Uti Fasrini. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Raya Istiqlal, Kampung Kalawi.

Pesertanya, selain diikuti kader Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Ambacang, juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Padang, Kepala Puskesmas Ambacang dr Weni Putria serta pemegang program PTM dan gizi.

Acara yang berlangsung kurang lebih tiga jam itu, dibagi jadi dua sesi. Dimana, sesi pertama itu pembukaan dan peluncuran modul Pakde Gula (Panduan Khusus Diet Sehat Pasien Gula).

Baca juga: Halal Bihalal Civitas Akademika Unand, Rektor: Mari Berjabat Tangan karena itu Menghilangkan Dendam

Peluncuran model ini dilakukan dosen pembimbing dokter muda IKM FK Unand, Prof Rizanda Machmud, kepala Dinas Kesehatan Padang yang diwakili Ketua Bagian PTM Dinas Kesehatan Padang dan diteruskan ke Kepala Puskesmas Ambacang.

Sesi kedua yaitu sesi pelatihan kader Posbindu tentang modul Pakde Gula. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Ambacang tentang diet sehat penderita DM.

Menurut Rizanda, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Ambacang tentang diet sehat penderita Diabetes.

"Diharapkan kader mampu mengedukasi masyarakat penderita diabetes, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan mencegah komplikasi dari penyakit tersebut," ujarnya.

Baca juga: FKG Unand Edukasi 1034 Santri untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Ini Kata Gubernur Sumbar

Sementara, Kepala Puskesmas Ambacang, dr Weni Fitria Nazulis mengatakan, latar belakang acara ini diselenggarakan karena Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit tidak menular terbanyak di dunia maupun di Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: