Padang Panjang Art Fest akan Meriahkan HJK ke-231

Al Imran | Selasa, 23-11-2021 | 20:16 WIB | 16 klik | Kota Padang Panjang
<p>Padang Panjang Art Fest akan Meriahkan HJK ke-231<p>

Medan Nan Bapaneh Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) akan dijadikan lokasi Padang Panjang Art Festival.

PADANG PANJANG (23/11/2021) - Iven Padang Panjang Art Festival (Art Fest) digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-231. Iven ini bertemakan 'Workshop/Temu Perupa (Seniman Seni Rupa) Padang Panjang.'

Kegiatan tersebut akan digelar selama dua hari di dua tempat berbeda. Yaitu di Medan Nan Bapaneh Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) serta di Simpang Empat Pasar Pusat Padang Panjang.

Kasi Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dessy Via Chardena menjelaskan, konsep kegiatan ini adalah ajang temu silaturahmi, berbagi pengalaman, melukis/merupa bersama seniman seni rupa asal Padang Panjang yang berkiprah di ranah rantau.


"Para seniman tersebut ada yang berkiprah di Yogyakarta, Padang, Padang Panjang dan kota lainnya. Mereka akan melukis bersama dan dan berbagi pengalaman dengan para seniman muda, mahasiswa seni, penikmat seni dan tentunya masyarakat umum yang ada di Kota Padang Panjang," ungkap Dessy, Selasa.

Adapun beberapa seniman ranah/rantau asal Padang Panjang yang akan berpartisipasi pada kegiatan tersebut, kata Dessy, di antaranya Erizal AS, Deni Susanto (Dennis Note), Zulkarnaini, Hamzah, Imam Teguh, Yon Indra, Ibrahim dan Yul Hendri.

"Untuk Pak Erizal ini, merupakan seniman asal Kota Padang Panjang yang berkiprah di Yogyakarta dan juga sudah go internasional. Harga satu lukisan beliau ini, bisa mencapai angka Rp500 juta."

"Alhamdulillah, beliau bersama dua rekannya, Zulkarnaini dan Dennis Note yang juga sudah go internasional dan sekarang berdomisili di Yogyakarta, mau dan bersedia hadir di Kota Padang Panjang sekaligus pulang kampung untuk sharing dan berbagi ilmunya pada seniman dan masyarakat di Kota Padang Panjang," katanya.

Padang Panjang Art Fest, lanjut Dessy, akan digelar selama dua hari pada 29 November di PDIKM dan 30 November di Pasar Pusat yang dimulai dari pagi hingga sore hari.

"Dengan adanya kegiatan ini, dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Nantinya, acara ini juga akan diselingi dengan berbagai hiburan. Kita nanti juga ada menghadirkan stand kuliner, penampilan musik akustik dan juga ada artis yang memeriahkan," lanjutnya.

Dessy berharap, dengan adanya event ini dapat menggeliatkan lagi sektor seni yang ada di Kota Padang Panjang dengan tampilan yang lebih kreatif.

"Seni ini, yang nantinya kita harapkan bermunculan terus menerus di Padang Panjang. Mulai dari seni musik, seni kriya, seni rupa dan sebagainya. Kita punya ISI yang kaya dan punya potensi untuk itu," harapnya.

Untuk itu, Dessy mengimbau pada warga untuk datang menyaksikan kegiatan Padang Panjang Art Fest ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku supaya terhindar dari penyebaran Covid19. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar