Ini Kriteria Wali Kota Payakumbuh dari Kaca Mata Riza Falepi

Al Imran | Rabu, 24-11-2021 | 23:17 WIB | 9 klik | Kota Payakumbuh
<p>Ini Kriteria Wali Kota Payakumbuh dari Kaca Mata Riza Falepi<p>

Wako Payakumbuh, Riza Falepi (kanan) saat meninjau gedung kampus dan mesjid baru Universitas Muhammadiyah Sumbar, Senin. (humas)

PAYAKUMBUH (22/11/2021) - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi berpesan, masyarakat Payakumbuh mesti melek dan cerdas dalam memilih pemimpin periode lima tahun kedepan.

Apalagi, saat ini kondisi keuangan Pemko Payakumbuh yang harus 'mangakeh' anggaran, karena saat ini negara dan dunia sedang berjibaku melawan Covid19.

"Carilah wali kota nan amanah alau indak beko manandehan sajo karajonyo, lah jaleh pulo kito akan jadi sabana tandeh. Saroman apo lah tandehnyo anggaran kito nantik, sementaro nan kini sajo lah babak belur kito dek Covid19 ko," kata Riza Falepi pada media usai meresmikan gedung kampus dan mesjid baru UM Sumbar, Senin.


Riza menyampaikan, setiap lembaga pendidikan saja, akan mencari dosen hebat untuk mendidik mahasiswanya. Harusnya, begitu pula bila suatu daerah mencari pemimpin.

Menurut Riza, kepala daerah bagi kota ini haruslah orang berintegritas tinggi. Jangan sampai orang yang moralitasnya rendah. Setiap rupiah harus dipastikan untuk rakyat.

"Ini bisa kita dapatkan bila pemimpin yang hatinya memang untuk mengabdi, yang sudah selesai dengan dirinya, kita harus lihat track record-nya. Kenapa saya mewanti-wanti? Karena ini kewajiban kita semua, memastikan pemimpin Kota Payakumbuh kedepan adalah orang terbaik," kata Riza.

Menurut Riza, dirinya harus buka suara terkait ini, mencari pemimpin tidak bisa bicara dengan diam-diam, publik harus tahu. Karena, pemimpin yang dipilih inilah yang akan menggunakan uang negara untuk kepentingan masyarakat, bukan duit untuk masuk ke kantongnya.

"Kita harus jadi kota yang bisa membangun kemakmuran bagi masyarakat, tak melulu mengurus orang miskin saja, sementara itu kerja mengurus orang miskin ini tidak gampang, semuanya akan berkutat pada kawasan kumuh, rumah tidak layak huni, tak punya septic tank, hingga pengangguran," kata Riza.

Di samping itu, kata Riza, kota ini harus siap dengan investasi untuk menjadi pusat perekonomian baru, makmur dan mampu melayani rakyat. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar