Padang jadi Terbaik II Perencanaan Pembangunan Kota se-Indonesia

Al Imran | Jumat, 26-11-2021 | 20:03 WIB | 81 klik | Kota Padang
<p>Padang jadi Terbaik II Perencanaan Pembangunan Kota se-Indonesia<p>

Wako Padang, Hendri Septa didampingi Yeni Yuliza (Kepala Bappeda) dan jajaran lainnya, foto bersama usai menerima penghargaan Terbaik II se-Indonesia kategori Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kota tahun 2021, di Jakarta, Kamis. (humas)

JAKARTA (25/11/2021) - Pemerintah Kota Padang meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dua tahun berturut-turut dari Kementerian Pembangunan Perencanaan Nasional (PPN)/Bappenas. Penghargaan tersebut adalah Terbaik II se-Indonesia kategori Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kota tahun 2021 dan Terbaik III untuk tahun 2020.

Kedua penghargaan tersebut diterima Wali Kota Padang, Hendri Septa dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa pada acara peluncuran Buku Knowledge Sharing Pembangunan Daerah dan Piala PPD 2021 di Ruang DH 1-5 Bappenas, Jl Taman Suropati, Jakarta Pusat, Kamis.

Hendri Septa usai menerima penghargaan tersebut, mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atas penghargaan yang diterima Kota Padang itu.


Hendri menambahkan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Padang, warga Kota Padang dan stakeholder atas dukungan dan kerja kerasnya sehingga penghargaan ini dapat diraih.

"Penghargaan ini jadi tantangan bagi kita untuk lebih baik lagi dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah ke depan. Sekarang terbaik II, semoga tahun depan mendapat terbaik I," pungkas dia.

Sementara, Kepala Bappeda Padang, Yenni Yuliza mengatakan, penghargaan yang diterima Kota Padang ini, merupakan bentuk apresiasi atas inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Padang dalam perencanaan pembangunan daerah yang Tematik Holistik Integratif dan Spasial (THIS).

Di antara inovasi yang dilakukan; membuat Kongsi Covid19 yang merupakan upaya terpadu dalam pemberdayaan masyarakat dilingkup RT dalam pencegahan dan penanggulan Covid19 secara mandiri. Kemudian, melibatkan kaum disabilitas dalam perencanaan pembangunan.

"Kemudian, pada saat ini kita sedang membuat program Pengembangan Kampung Agro Wisata yaitu Kampung Tematik di Kota Padang. Ini merupakan program unggulan wali kota dan masuk dalam RPJMD Padang 2019-2024. Sederet inovasi yang kita lakukan ini, sehingga mendominasi di nasional dan mendapatkan penghargaan," ungkapnya.

Hadir mendampingi Hendri Septa, Kepala Bappeda Padang, Yenni Yuliza, Tri Hadyanto (Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sekaligus Plt Kadis PUPR), Raju Minropa (Kepala Dinas Pertanahan yang juga Plt Kepala Dinas Pariwisata) dan Kabag Prokompim, Amrizal Rengganis. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar