Peringati Hari Anak Sedunia

Unand dan RSUP M Djamil Gelar ICHC Gentop di 4 Puskesmas Kabupaten Solok

Al Imran | Minggu, 28-11-2021 | 10:48 WIB | 310 klik | Kab. Solok
<p>Unand dan RSUP M Djamil Gelar ICHC Gentop di 4 Puskesmas Kabupaten Solok<p>

Tim ICHC Gentop FK Unand dan RSUP M Djamil Padang, melakukan layanan pemeriksaan kesehatan anak terintegrasi di empat Puskesmas di Kabupaten Solok, Sabtu (27/11/2021). (istimewa)

SOLOK (28/11/2021) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bekerjasama dengan RSUP M Djamil Padang gelar layanan pemeriksaan kesehatan anak terintegrasi di 4 Puskesmas di Kabupaten Solok. Yakni, Puskesmas Muara Panas, Sungai Nanam, Sungai Lasi dan Surian.

"Tercatat, 50 Balita yang mengikuti layanan pemeriksaan kesehatan anak terintegrasi atau Integrated Child Health Check Up dengan Model Generasi Tumbuh Kembang Optimal (Gentop)," ungkap Ketua Tim ICHC Gentop FK Unand dan RSUP M Djamil Padang, dr Asrawati tentang kegiatan yang digelar Sabtu (27/11/2021).

Dikatakan, pada kegiatan ini dilakukan beberapa tahapan pemeriksaan pada balita usia 3, 6, 9, 12 dan 18 bulan. Di keempat Puskesmas itu, telah dilakukan pemeriksaan kesehatan pada balita usia 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan dan 18 bulan.


Selain dari personel Puskesmas, tim juga dibantu spesialis anak, psikolog, dokter mata, dokter THT dan rehab medik. Semua tim ini, berasal dari Fakultas Kedokteran Unand untuk mendukung pemeriksaan kesehatan terintegrasi.

"Diharapkan dengan pemeriksaan ini, bisa deteksi dini, intervensi dini, gangguan pertumbuhan dan perkembangan untuk mencegah stunting kedepannya," ungkap dr Asrawati tentang kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati hari anak sedunia itu.

Kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan anak terintegrasi ini digelar di tiga daerah di Sumatera Barat. Yakni, di Puskesmas yang ada di Kota Padang, Kabupaten Solok dan Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini merupakakan upaya dalam meningkatkan tumbuh kembang anak khususnya anak usia balita.

Seorang orang tua Balita yang mengikuti kegiatan ini mengemukan, sangat mendukung kegiatan ini agar dapat mengetahui tumbuh kembang anak serta melihat perkembangan anak.

"Pada kegiatan ini, kita membawa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Setiap bulannya kita bisa memantau tumbuh kembang anak, mulai dari berat badan, tinggi panjang anak, terus perkembangannya, serta stimulasi anak," ucapnya.

Bagi anak yang mengalami masalah dalam kesehatan, akan ditangani terlebih dulu di Puskesmas. Namun, apabila membutuhkan penanganan lebih serius akan dilakukan perawatan di rumah sakit.

Koordinator Program Anak Puskesmas Muaro Paneh mengungkapkan terima kasih pada Ketua ICHC Gentop beserta tim yang telah datang memberikan layanan kesehatan anak terintegrasi.

Kegiatan yang baik ini, mampu menyasar anak-anak yang mengalami kelainan pertumbuhan perkembangan dan gangguan kesehatan, yang dapat dideteksi lebih awal. Semoga kegiatan baik ini selalu berkelanjutan. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah