Padang Panjang Art Fest, Fadly Amran: Hasil Kolaborasi Pemko dengan Seniman

Al Imran | Minggu, 28-11-2021 | 12:10 WIB | 40 klik | Kota Padang Panjang
<p>Padang Panjang Art Fest, Fadly Amran: Hasil Kolaborasi Pemko dengan Seniman<p>

Wako Padang Panjang, Fadly Amran menandatangani memorabilia usai membuka Padang Panjang Art Fest, di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Ahad. (kominfo)

PADANG PANJANG (28/11/2021) - Padang Panjang Art Fest merupakan kegiatan seni yang lahir dari hasil kolaborasi Pemerintah Kota dengan pelaku seni asal Padang Panjang.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran saat menghadiri Padang Panjang Art Fest, Ahad, di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), yang juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial.

Fadly mengatakan, Art Fest juga merupakan salah satu wadah untuk bersilaturahmi para seniman Kota Padang Panjang.


"Ini merupakan kegiatan yang sudah kita ancang-ancang dari lama. Bagaimana kita mengumpulkan seluruh seniman asli Padang Panjang, untuk bisa menginspirasi kita semua," ucapnya.

Dikatakan, untuk Art Fest berikutnya, akan diadakan lebih besar lagi dengan skala juga lebih besar. Tidak menutup kemungkinan akan diadakan skala nasional.

"Kita dari Pemko sudah bekerjasama baik dengan institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, dengan Tambo, dengan seniman seniman Kota Padang Panjang. Mari kita sama-sama konkretkan kerja sama ini, untuk melakukam kegiatan seni dengan memanfaatkan potensi potensi luar biasa dari SDM yang ada," tuturnya.

Sementara itu, Novrial mengapresiasi kegiatan ini dan antusias masyarakat serta pelaku-pelaku seni yang ada di Kota Padang Panjang.

"Pariwisata Sumatera Barat dan daerah, tidak akan ada artinya kalau hanya mengandalkan keindahan alam saja. Semua harus ada isinya. Salah satu isinya adalah budaya. Itulah yang saat ini saya lihat di Padang Panjang. Suatu geliat budaya yang diperlihatkan," ujarnya.

Ditambahkan, Dinas Pariwisata Provinsi sudah mengusulkan kawasan PDIKM menjadi salah satu Destinasi Wisata Unggulan Provinsi. Ia juga mengatakan, dinasnya siap mendukung semua kegiatan seni di Kota Padang Panjang.

Pada Art Fest kali ini, Pemko melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mengundang seniman Seni Rupa Asli Padang Panjang yang sudah berkiprah sampai di tingkat nasional dan internasional.

Diramaikan Seniman Ternama

Sebanyak 100-an peserta dari berbagai kampus seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Universitas Negeri Padang (UNP) dan masyarakat umum, antusias mengikuti workshop/sharing session mengenai seni lukis di Komplek PDIKM Padang Panjang, Ahad.

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dari Padang Panjang Art Fest, dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-231 yang jatuh pada 1 Desember 2021.

Workshop ini menampilkan seniman seni rupa (pelukis) Padang Panjang yang sudah berkiprah di tingkat nasional hingga internasional. Seperti Hamzah, Erizal AS, Deni Susanto, Zulkarnaini, Imam Teguh, Yon Indra, Ibrahim dan Yul Hendri.

Hamzah menyampaikan, kegiatan ini merupakan sebuah momentum yang luar biasa yang didukung Pemerintah Kota.

"Mimpi-mimpi wali kota bersama jajarannya, membangun atmosfer yang luar biasa dalam bidang seni salah satunya melalui kegiatan ini," ucapnya.

Kegiatan ini merupakan pondasi awal yang sangat bernilai edukasi bagi masyarakat Kota Padang Panjang.

"Sebuah dukungan yang sangat jelas bagi seniman untuk terus bekiprah di Kota Padang Panjang. Di sini kami berbagi pengalaman, inspirasi dan teknis dunia seni rupa," terangnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini berkesinambungan sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

Salah satu peserta, Febra Dani, mahasiswa Jurusan Seni Rupa Murni ISI yang berasal dari Kabupaten Agam menyampaikan, kesempatan ini merupakan momen langka yang ia dapatkan.

"Melalui kegiatan ini kita dapat banyak nilai edukasi dan sosial. Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan gairah pelaku seni serta meningkatkan minat terhadap seni," katanya.

"Semoga acara seperti ini bisa jadi contoh bagi daerah lain di Sumatera Barat dalam mendukung bidang seni," harapnya.

Hal senada disampaikan Abdul Rasyid, pelajar SMAN 3 Padang Panjang. Sebagai penghobi fotografi, dirinya mendapat objek yang sangat menarik dan bervariasi melalui kegiatan ini.

"Jarang-jarang kegiatan seperti ini kita temui. Banyak spot menarik di sini, apalagi orang melukis di Komplek PDIKM," ucapnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang Panjang