Dinsos Bukittinggi Temukan Kampung Asal Lansia Terlantar di Pakan Kurai

Al Imran | Selasa, 30-11-2021 | 14:18 WIB | 78 klik | Kota Bukittinggi
<p>Dinsos Bukittinggi Temukan Kampung Asal Lansia Terlantar di Pakan Kurai<p>

Seorang Lansia asal Padang Pariaman, AM dipapah petugas Dinas Sosial Bukittinggi dari tempatnya ditemukan di Pakan Kurai, Selasa. (hamriadi)

BUKITTINGGI (30/11/2021) - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akan selalu siap bergerak cepat dalam memberikan perlindungan kepada warganya yang kesusahan.

"Ya, kita ada Dinas Sosial menjadi garda terdepan untuk penanganan masalah sosial yang ada di Bukittinggi," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di Bukittinggi, Selasa.

Kata dia, Dinas Sosial sebagai satuan kerja yang menangani permasalahan sosial, selalu siap memberikan bantuan sosial bagi yang membutuhkan.


Untuk diketahui, seorang lanjut usia (Lansia) terlantar di wilayah Pakan Kurai, Kecamatan Guguk Panjang pada Senin (29/11/2021) lalu, langsung di tindak lanjuti dinas terkait.

Lansia laki-laki diketahui bernama AM dan lahir pada 1949, usia berkisar 72 tahun ditindaklanjuti Dinas Sosial, atas instruksikan wali kota terkait adanya laporan seorang Lansia terlantar di wilayah Pakan Kurai.

"Lansia yang tersasar dan terlantar wajib kita berikan bantuan," ungkap wali kota dari Partai Gerindra tersebut.

Bergerak Cepat

Berdasarkan instruksi tersebut, Kepala Dinaa Sosial Bukittinggi, Linda Faroza langsung mendatangi lokasi bersama jajaran terkait.

"Saat kita ditemui, Lansia tersebut tampak kesulitan bicara dan dalam kondisi sangat lemah," paparnya.

"Meski kondisi Lansia begitu, dari bersangkutan didapat secarik kertas surat keterangan domisili yang sudah rapuh. Namun masih dapat dibaca informasinya," ujarnya.

Kata dia, kondisi Lansia yang lemah dan belum makan dua hari, dibawa ke RSUD Bukittinggi setalah pihak rumah sakit dihubungi Dinsos.

"Tindakan bantuan ini bagian dari tanggung jawab kita," sebut Linda.

Menurut dia, pihak Dinsos menelusuri keluarga dan tempat tinggal Lansia.

"Kita gunakan informasi yang ada menelusuri di grup jejaring komunikasi Pilar Sosial se-Sumbar dan Nasional. Alhamdulillah diketahui Lansia bernama AM berasal dari Kabupaten Padang Pariaman," terangnya.

Linda menyampaikan, saat ini Dinsos Bukittinggi telah memenuhi kebutuhan Lansia tersebut.

"Selain pengobatan, juga diberikan bantuan dasar sederhana berupa selimut, handuk, pakaian dan lainnya. Lansia tersebut dalam perawatan, kini pihak keluarga tengah menuju ke RSUD Bukittinggi," ungkapnya.

Wako Apresiasi Dinsos

Wali Kota Bukitinggi, Erman Safar saat dimintai tanggapannya, terkait gerak cepat dari dinas sosial mengatakan, sangat mengapresiasi atas respon cepat kadinsos beserta jajaran.

Selain itu, dia juga minta agar Dinsos menuntaskan pendampingan yang diperlukan.

"Dinas Sosial menjadi garda terdepan untuk penanganan masalah sosial yang ada di Bukittinggi. Termasuk Lansia yang tersasar dan terlantar wajib kita berikan bantuan," tegas Erman. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Bukittinggi