Posyantek Karya Mandiri Juara I Tingkat Provinsi

Selasa, 30 November 2021, 18:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Posyantek Karya Mandiri Juara I Tingkat Provinsi
Pj Wali Nagari Kapa, Edi Hartono foto bersama dengan pengurus Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa, yang meraih peringkat I lomba tingkat provinsi, Selasa. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (30/11/2021) - Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Karya Mandiri di Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, meraih juara 1 pada lomba Posyantek Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar 2021. Posyantek Karya Mandiri Pasbar ini meraih penilaian tertinggi dengan nilai 702,67.

Disusul Posyantek Bakisa Tanah Datar peringkat II dengan nilai 660,22 dan peringkat III Posyantek Maruna Padang Panjang dengan nilai 620,20. Penetapan ini berdasarkan keputusan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatera Barat No: 414.5/976/DPMD/2021 dan Surat Keputusan Gubernur Sumbar No: 414.3-565-2021.

"Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa mempunyai lahan peternakan dan berbagai tempat yang bisa di buat untuk instalasi biogas. Juga mempunyai tempat pelatihan bagi masyarakat mulai dari mahasiswa hingga anak SMK yang magang," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Pasaman Barat, Randy Hendrawan, Selasa.

Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa ini dipimpin, Suyono. Didirikan pada 4 April 2016 berdasarkan musyawarah Nagari Kapa.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

Ia menyebutkan, teknologi yang dihasilkan Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa di antaranya teknologi tepat guna alat pengujian unsur hara tanah, mesin peralatan pembuat pakan ternak dan pembakaran arang.

Selain itu, juga alat inovasi di antaranya alat instalasi biogas, alat pencacah rumput dan alat multifungsi. Kemudian, kegiatan pelatihan Posyantek, pengolahan limbah ternak jadi pupuk organik, pelatihan pengelolaan budi daya ikan air tawar dan pembuatan pakan ternak.

"Tentunya, terimakasih kita ucapkan pada tim Posyantek Karya Mandiri, yang dipimpin Pak Suyono sebagai perwakilan Kabupaten Pasbar telah mendapatkan prestasi terbaik 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat."

"Posyantek Karya Mandiri bisa berkontribusi terhadap masyarakat sekitar dalam pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk mempercepat alih teknologi dari sumber kepada pengguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi UMKM. Pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing produk serta mensejahterakan masyarakat," katanya.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

Posyantek Karya Mandiri beralamat di Jorong Padang Laweh, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo. Ia berharap, Posyantek Karya Mandiri terus berprestasi karena sudah banyak berbuat untuk masyarakat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: