Kisah Umi Antarkan Mahasiswa UMSB Raih Penghargaan dari Badan Kebudayaan Nasional PDIP

Al Imran | Selasa, 30-11-2021 | 18:12 WIB | 44 klik | Kota Padang Panjang
<p>Kisah Umi Antarkan Mahasiswa UMSB Raih Penghargaan dari Badan Kebudayaan Nasional PDIP<p>

Mahasiswa asal Padang Panjang, Joni Saputra berhasil meraih prestasi untuk kategori Terbaik Utama Festival Pahlawan Desa Tingkat Nasional 2021 bertajuk 'Kawal Pancasila dari Desa.' (kominfo)

PADANG PANJANG (30/11/2021) - Karya Joni Saputra berjudul 'Dia adalah Umi,' mendapat hadiah dari Megawati Soekarnoputri. Mahasiswa asal Padang Panjang ini berhasil meraih prestasi untuk kategori Terbaik Utama Festival Pahlawan Desa Tingkat Nasional 2021 bertajuk 'Kawal Pancasila dari Desa.'

Video yang dibuat Joni, menggambarkan sosok Umi yang sudah sepuh, namun memiliki kepedulian terhadap kaum miskin dan difabel di Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

Joni mengikuti lomba ini saat ia jadi mahasiswa semester akhir, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Kampus 2 di Padang Panjang.


Dengan video ini, Joni berhasil meraih prestasi untuk kategori kelompok 4, pemenang utama video pendek. Pengumuman ini sudah diketahui Joni pada 20 Agustus 2021 lalu. Hadiahnya diterima Joni, Senin (29/11/2021) kemarin, dari Megawati setelah seminggu lalu ia selesai diwisuda di UMSB.

Joni mengikuti lomba yang diadakan Badan Kebudayaan Nasional bekerjasama dengan Badan Kebudayaan Nasional DPP PDI Perjuangan, dalam rangka memperingati 120 tahun Bung Karno, bulan Juli 2021 lalu.

"Lomba ini diikuti 357 peserta dari Sabang sampai Merauke. Alhamdulillah, saya berhasil jadi terbaik di salah satu kategori," kata Joni.

Joni mengaku, banyak proses yang dilaluinya dalam menyukseskan festival ini. Mulai dari peluncuran festival pada 5 Juli, pengiriman karya 5-31 Juli 2021, hingga penilaian oleh dewan juri pada 9-16 Agustus lalu. Pada 17 Agustus, tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan diumumkan 120 besar.

Joni menceritakan, setelah diraih 120 besar, dilanjutkan dengan pengumuman sebagai pemenang utama.

"Mudah-mudahan karya ini bisa menginspirasi bagi seluruh bangsa Indonesia untuk berbuat lebih terhadap masyarakat," ucapnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang Panjang