Dua Peneliti Jepang Teliti Produktivitas Bank Sampah di Padang

Al Imran | Rabu, 01-12-2021 | 11:12 WIB | 48 klik | Kota Padang
<p>Dua Peneliti Jepang Teliti Produktivitas Bank Sampah di Padang<p>

Wako Padang, Hendri Septa berdialog dengan dua orang peneliti asal Jepang dari lembaga IGES-CCET, yang akan lakukan studi lapangan sekaligus melihat langsung pengelolaan sampah di Kota Padang, di ruang kerjanya, Selasa. (humas)

PADANG (30/11/2021) - Dua orang peneliti dari Institute for Global Environmental Strategies and Centre Collaborating with UNEP on Environmental Technologies (IGES-CCET), lakukan studi lapangan sekaligus melihat langsung pengelolaan sampah di Kota Padang.

Ms Miho Hayashi selaku Manajer Program/Programme Manager Bidang Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan bersama Dr Sudarmanto Budi Nugroho (Manajer Riset /Research Manager Bidang Satuan Tugas Kota), akan lakukan penelitian dengan melibatkan Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sumatera Barat dan Universitas Andalas sebagai tenaga pendamping.

"Kita berharap, kedatangan tim peneliti ini dapat memberikan pengetahuan dalam pengelolaan sampah pada masyarakat dan Pemko Padang, memberikan edukasi bagaimana memberdayakan Bank Sampah yang ada," ungkap Wako Padang, Hendri Septa saat beraudiensi dengan dua peneliti asal Jepang itu, di Balaikota Padang Aie Pacah, Selasa.


Dikatakan Hendri, kedatangan tim peneliti ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama Pemko Padang dengan negara Jepang yang sudah berjalan selama ini.

Dengan dijadikannya Padang sebagai pilot project, dia berharap, penanganan sampah melalui Bank Sampah, akan jauh lebih baik. Di samping itu, juga diharapkan ada bantuan melalui pemerintah pusat untuk pengelolaan sampah nantinya di Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang, Mairizon mengatakan, dalam kerjasama ini, Jepang memberikan bantuan tentang teknis cara mengurangi sampah domestik (rumah tangga) di Padang. Sehingga, target Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) Kota Padang tentang pengolaan sampah dapat tercapai.

"Ada beberapa Bank Sampah di Kota Padang yang bakal dikunjungi dan dijadikan sebagai area percontohan nantinya," ungkap Mairizon.

Di antaranya, Bank Sampah Bangau Putih di Parupuk Tabing, Bank sampah Lidah Mertua di Bungo Pasang, Bank Sampah Mandiri di Pasa Gadang, Bank Sampah Sakinah di Batu Gadang, Bank Sampah Hidayah di Bandar Buat serta Bank Sampah Panca Daya di Kuranji.

"Kita berharap, kunjungan ini dapat mendukung program satu kelurahan satu bank sampah yang sudah kita luncurkan sejak 2015 lalu. Kita berharap, juga akan ada pengurangan jumlah sampah di Kota Padang nantinya," pungkas Mairizon.

Hadir mendampingi Hendri, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Edi Hasymi serta sejumlah staf. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar