Anak Nagari Lubuk Alung Deklarasikan FKAN-LA, Afriendi Sikumbang didaulat Jadi Ketua Umum

Al Imran | Kamis, 02-12-2021 | 09:58 WIB | 250 klik | Kab. Padang Pariaman
<p>Anak Nagari Lubuk Alung Deklarasikan FKAN-LA, Afriendi Sikumbang didaulat Jadi Ketua Umum<p>

Ketua Umum FKAN Lubuak Aluang, Afriendi Sikumbang didampingi jajaran pengurus lainnya, membacakan pernyataan deklarasi dan sekaligus mengukuhkan berdirinya Forum Komunikasi Anak Nagari Lubuak Aluang (FKAN-LA) di Lubuk Alung, Rabu.

PADANG PARIAMAN (1/12/2021)- Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Padang Pariaman, Rudi Rahmat menilai, dalam pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Daerah memerlukan ide-ide dan kontribusi positif dari anak nagari.

"Kehadiran FKAN Lubuak Aluang sebagai wadah berhimpunnya para tokoh di nagari, semoga bisa menggali potensi sehingga lebih produktif dan bisa memberikan manfaat bagi kemakmuran anak nagari" ungkap Rudi yang mewakili Bupati Padang Pariaman saat menyaksikan pernyataan Deklarasi dan sekaligus mengukuhkan berdirinya Forum Komunikasi Anak Nagari Lubuak Aluang (FKAN-LA) di Lubuk Alung, Rabu.

Rudi Rahmad menyambut baik terbentuknya FKAN Lubuak Aluang, karena bisa memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan khususnya di Kecamatan Lubuk Alung.


Sebelumnya, Ketua Umum FKAN Lubuak Aluang, Afriendi Sikumbang, dalam Ikrar Deklarasi menyatakan, berdirinya FKAN LA ini sebagai semangat untuk menjaga persatuan dan perdamaian serta menjauhi permusuhan maupun perselisihan antar anak nagari.

"Pendirian FKAN-LA juga semangat bersama anak nagari untuk menjaga keutuhan adat dan budaya, adat salingka nagari yang berdasarkan kepada filosofi orang minang Adat Basandi Syarak Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK), ungkap Afriendi yang juga Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sumatera Barat itu.

Afriendi menyebutkan, anggota dan pengurus FKAN-LA merupakan aktifis dan tokoh-tokoh muda yang berasal dari 9 nagari yang ada di kecamatan Lubuk Alung.

Mereka kemudian telah bersepakat membuat wadah bersama. "Insya Allah kita menginginkan FKAN Lubuak Aluang dapat menjadi wadah bagi anak-anak nagari untuk bisa maju dengan kegiatan positif dan produktif di masa mendatang. Banyak yang bisa kita lakukan agar bisa memberdayakan masyarakat," kata Afriendi.

Kedepan, kata putra asal Nagari Lubuak Aluang itu, berkat kerjsama dan dukungan semua pihak terutama tokoh-tokoh di nagari, diharapkan terwujud organisasi yang akan jadi wadah diskusi, kolaborasi dan aksi untuk membangun nagari.

Hadir menyaksikan deklarasi pendirian tersebut Ketua Pembina FKAN Lubuak Aluang, tokoh ulama dan akademisi Sumatera Barat asal Lubuak Aluang, Prof Duski Samad.

Kepada wartawan, Guru besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang itu mengapresiasi, ada gerakan anak-anak nagari yang terus berfikir positif.

"FKAN Lubuak Aluang dengan upaya positifnya harus kita dukung bersama, Insyaa Allah akan memberi kontribusi dalam membangun masyarakat dan nagari," ungkap Prof Duski Samad yang juga Ketua Senat UIN IB Padang tersebut.

Adapun susunan Pengurus inti FKAN Lubuak Aluang terdiri Dewan Pembina Prof. Dr. H. Duski Samad, MA (Ketua). Prof. Dr. H. Maidir Harun, Kol. Inf. Adrian Adek, Feri Ariadi, Kol.M.Yunus, Mayor TNI Andre dan Drs. Bustavidia, MM.

Pengurus Harian Ketua Umum Afriendi Sikumbang, SH.MH didampingi 9 (sembilan) Wakil Ketua dari 9 nagari, Sekretaris Umum Betri Mardiana, SPd. dan Bendahara Umum Sesmi Permatasari dengan dibantu 2 Wakil Sekretaris dan Bendahara.

Untuk menjalankan program kerja kedepan pengurus harian dibantu dengan 13 (tiga belas) bidang dan 2 (dua) badan semi otonom, Satgas Pandeka Nagari serta Satgas Rescue dan Kebencanaan.

Selain Asisten 1, hadir dalam deklarasi dan pengukuhan FKAN Lubuak Aluang, Kabag Humas Padang Pariaman, Anesa Satria, Camat Lubuk Alung, Ketua KAN dan para fungsional adat Lubuak Aluang, Danramil, Kaplosek, Wali Nagari se kecamatan Lubuak Aluang, media dan undangan lainnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Padang Pariaman