SAKIP dan RB jadi Tantangan Besar bagi Aparatur Pemerintah

Al Imran | Kamis, 02-12-2021 | 19:26 WIB | 47 klik | Kota Padang Panjang
<p>SAKIP dan RB jadi Tantangan Besar bagi Aparatur Pemerintah<p>

Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra memberikan arahan pada Bimtek SAKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) kepada kepala OPD dan pejabat terkait di salah satu hotel di Padang Panjang, Kamis. (kominfo)

PADANG PANJANG (2/12/2021) - Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra menyampaikan, pengelolaan Sistem Akuntabilitas instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan tantangan yang besar. Karena, instansi pemerintah harus mampu menyelaraskan antara harapan yang diinginkan, perencanaan yang matang dan terukur serta pelaksanaan kegiatan dan hasil yang didapatkan darinya.

"Namun, yang tak kalah pentingnya adalah dampak yang dapat dihasilkan untuk perbaikan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik maupun peningkatan standar hidup dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Sonny, Kamis.

Pernyataan ini disampaikan, saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) SAKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) kepada kepala OPD dan pejabat terkait di salah satu hotel di Padang Panjang. Bimtek ini dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.


Narasumber pada acara ini yang hadir secara virtual yaitu Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB, Ronald Andrea Annas dan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta, Ana Widyawati.

Dikatakan Sonny, pada acara yang turut dihadiri Asisten III, Martoni, SAKIP dan RB ini membutuhkan kordinasi dan kerjasama yang baik lintas instansi.

Kemudian, yang tak kalah pentingnya, pengetahuan terhadap yang harus dikoordinasikan, harus dapat dimaknai dan dipahami secara bersama oleh setiap instansi terkait dengan pengelolaan SAKIP.

Kemudian, harapan yang begitu tinggi disematkan atas pelaksanaan reformasi birokrasi. "Reformasi birokrasi pun perlu menata ulang proses birokrasi dari level tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis dan bersungguh-sungguh. Berfikir di luar kebiasaan (out of the box thinking)," tuturnya.

Untuk SAKIP, Pemko Padang Panjang masih berada pada predikat B. sedangkan untuk RB, berada pada peringkat CC.

"Kita berharap, pada kesempatan Bimtek dengan narasumber dari Kemenpan RB dan Biro Organisassi DIY, mendapat arahan secara langsung. Biro Organisasi DIY salah satu instansi yang telah melaksanakan SAKIP dan RB sangat baik predikat AA," sebutnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang Panjang