Ini Kesan Gubernur Sumbar Usai Melepas Penat di Pemandian Aia Angek Bukik Gadang

Al Imran | Sabtu, 04-12-2021 | 16:46 WIB | 176 klik | Kab. Solok
<p>Ini Kesan Gubernur Sumbar Usai Melepas Penat di Pemandian Aia Angek Bukik Gadang<p>

Pemandian Air Panas Pincuran Tujuah, di daerah sungai Janiah, Bukik Gadang, Koto Anau, sekitar 48 Km dari Kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, arah ke timur.

SOLOK (4/12/2021) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyempatkan diri, untuk mandi di pemandian Aia Angek Bukik Gadang dalam kunjungan kerjanya ke Kabaputen Solok sepanjang Kamis (2/12/2021).

"Mandi di Aia Angek ini, aktivitas yang ambo sukai. Karena, bisa membuat badan jadi segar, apalagi setelah mandi langsung menyeduh segalas teh hangat di lapau. Sungguh sangat nikmat," ungkap Mahyeldi yang singgah ke pemandian yang ada di kaki Gunung Talang itu, Kamis malam.

Seharian itu, Mahyeldi beraktivitas di sejumlah daerah. Mulai dari Padang Panjang dan berakhir di Kabupaten Solok. Melepas penat setelah seharian beraktivitas, Mahyeldi mengajak rombongannya melepas penat di pemandian yang ada di daerah sungai Janiah, Bukik Gadang, Koto Anau, sekitar 48 Km dari Kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, arah ke timur.


Dari Kota Padang, lokasi ini bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan kendaraan roda empat. Menuju lokasi ini, mesti melewati tanjakan Sitinjau Lauik yang fenomenal serta Taman Hutan Raya Bung Hatta.

Pemandian Aia Angek Bukik Gadang Koto Anau, dikenal juga dengan Pemandian Air Panas Pincuran Tujuah. Menuju lokasi pemandian, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan perkampungan yang masih asri. Sepanjang perjalanan, terlihat hamparan sawah yang luas dan bertingkat-tingkat serta pohon kelapa dan batu-batu yang besar.

Menuju lokasi, kondisi jalan lumayan kecil. Hanya bisa dilalui 1 mobil. Kalau udah ketemu 2 mobil yang berlawanan arah, tetap masih bisa tapi jalan dengan salah satunya mesti berhenti dulu. Untuk kendaraan besar atau mikrobus, menuju lokasi akan jadi persoalan sulit.

Pemandian Aia Angek Bukik Gadang Koto Anau ini, terbagi dua. Khusus untuk perempuan dan laki-laki. Tarif masuk ke lokasi ini Rp10.000 per orang. Di dalamnya, selain tersedia Tujuh Pincuran (air pancuran-red) juga tersedia sebuah kolam untuk berendam. Airnya langsung berasal dari Gunung Talang dalam kondisi lumayan panas.

Karena airnya yang panas, lokasi ini makin disesaki pengunjung saat malam hari. Terlebih, kawasan sekitar Koto Anau ini secara umum, memiliki suhu relatif dingin di malam hari. Selain dipercaya bagus untuk kesehatan, mandi air panas juga bisa menyegarkan badan, apalagi mandi saat sore atau malam hari.

Dua Pemandian Lain

Lokasi pemandian air panas, tak hanya Pincuran Tujuah ini saja di kawasan ini. Tidak begitu jauh, sedikit mendaki lagi ke atas, juga ada pemandian kolam air panas yang lebih privasi, cocok untuk kunjungan rombongan atau keluarga besar.

Tempat ini dikelola secara pribadi oleh salah seorang warga. Terdapat pondokan atau cottage dan juga dikelilingi bunga-bunga yang indah serta bisa langsung terlihat pemandangan lereng-lereng sawah yang indah.

Tapi sayang, air panasnya tak mengalir sepanjang waktu sebagaimana di Pincuran Tujuah. Disarankan, jika mau kesini, lebih baik dipesan jauh-jauh hari, sehingga airnya bisa dialiri dengan baik oleh pengelola.

Lokasi pemandian air panas lainnya, di belakang Al-Ihwan Bukik Kili, tepatnya di kilometer 53 jalur lintas Sumatera ruas Kota Padang-Solok. Penanda ke lokasi ini di jalan lintas yakni sebuah tugu bertuliskan masjid Al-Ihwan.

Ketika sudah menemukan petunjuk seperti ini, tinggal arahkan kendaraan ke dalam. Tidak jauh, sekitar 20 meter, kita sudah bisa sampai di lokasi. Menuju ke sini, bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau juga dengan kendaraan roda dua.

Fasilitas yang tersedia, lahan parkir untuk kendaraan, masjid yang dekat yakni masjid Al-Ihwan. Karena ini pemandian, tentu saja disediakan kamar ganti dan juga kamar bilas.

Di sini merupakan kawasan tertutup artinya tidak terbuka seperti destinasi alam. Jadi, maksudnya adalah kapan pun Anda mau berkunjung, privasi Anda akan terjaga dari orang luar.

Yang penting adalah meskipun pemandian, pastikan Anda selalu berpakaian sopan karena mau tidak mau Anda berbagi dengan orang lain di pemandian. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar