Kategori Usaha Jasa Boga

Ini Pemenang Fateta Food Award 2021

Al Imran | Minggu, 05-12-2021 | 21:19 WIB | 115 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Ini Pemenang Fateta Food Award 2021<p>

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand, Dr Feri Arlius Dt Sipado bersama Didi Aryadi (Asisten III Setdako Padang), foto bersama dengan pemenang Fateta Food Award 2021 di Palanta Rumah Dinas Wali Kota, Sabtu.

PADANG (4/12/2021) - Sebanyak 13 usaha catering di Padang, mengikuti Fateta Food Award 2021. Kategori yang dilombakan, rendang, dendeng batokok dan gulai pucuk ubi serta produk unggulan dari usaha catering.

Pilihan menu ini diperlombakan, karena jadi menu wajib dalam usaha catering dan selalu jadi andalan favorit pilihan konsumen. Kegiatan Fateta Food Award ini adalah bagian dari kontribusi keilmuan untuk meningkatkan potensi pariwisata Sumatera Barat khususnya melalui penguatan pangan lokal.

"Kedepannya, melalui lomba ini diharapkan Padang bisa jadi pusat wisata kuliner. Jadi, ketika berkunjung ke Sumatera Barat, tidak hanya alam yang bisa dinikmati tapi berbagai jenis kuliner khas bisa jadi pilihan," ungkap Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand, Dr Feri Arlius Dt Sipado dalam pernyataan tertulis, Ahad.


Kegiatan ini adalah yang kedua dilaksanakan setelah tahun lalu dengan kategori makanan restoran terenak di Kota Padang. Tahun 2021 ini, kategori dikhususkan pada usaha jasa boga dan usaha pengolahan masakan tradisional untuk peningkatan mutu dan produktivitas.

Menurut Dr Feri Arlius, Pandemi Covid19 yang masih ada, memberikan pengaruh besar terhadap usaha jasa tata boga khususnya masakan catering yang ada di Padang. Dampak itu, dirasakan dengan penurunan permintaan masakan catering dari konsumen.

Kalau dilihat pada kondisi sebelum pandemi, usaha jasa tata boga mampu membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Dikatakan, penilaian yang dilakukan terkait aspek sensoris dengan tujuan mendorong peningkatan mutu, daya saing jasa boga dan usaha pengolahan masakan tradisional Sumatera Barat.

Kemudian, menyosialisasikan kategori dan kriteria masakan tradisional unggul pada usaha jasa boga untuk diimplementasikan. Memberikan pengakuan dan penghargaan pada pengusaha jasa boga, untuk dijadikan teladan dan benchmarking best practice serta memfasilitasi pertukaran informasi tentang pengalaman praktis terbaik (best practice).

"Pemberian award ini juga dapat memperjelas posisi mereka di dalam usaha kuliner, memberi pengakuan atas pencapaian mereka dan menjadi etalase (show case) untuk menarik usaha kuliner lain melakukan peningkatan mutu," ungkapnya.

Kegiatan ini sudah dimulai dengan penjurian yang dilakukan sebelumnya dan menghasilkan kandidat pemenang dari masing masing usaha catering. Untuk penyerahan award, dilaksanakan di Palanta Kota Padang dengan menghadirkan para pemenang, Sabtu.

Adapun pemenang dari masing masing kategori

Ketegori Rendang:

  • Juara Favorit 1 AA Catering
  • Juara Favorit 2 R3i Catering
  • Juara Favorit 3 Zakila Catering

Kategori Dendeng Batokok

  • Juara favorit 1 Syamil Aqiqah dan Catering Padang
  • Juara Favorit 2 DF Catering
  • Juara favorit 3 Nang Bakhtar Catering.

Kategori Gulai Pucuk Ubi

  • Juara Favorit 1 Nang Bakhtar
  • Juara Favorit 2 AA Catering.

Kategori Menu Unggulan

  • Linda Kusuma Catering dengan produk unggulan Rendang Lokan
  • Lasuang Catering dengan produk unggulan Seafood Udang Saos.

Asisten III Setdako Padang, Didi Aryadi menyampaikan, kegiatan ini akan jadi salah satu rekomendasi bagi pemko dalam database usaha catering yang memenuhi standar di Padang. Juga akan jadi rekomendasi bagi para konsumen, untuk membantu dalam berbagai acara seperti pesta pernikahan (baralek), aqiqah dan rapat serta lainnya.

Sementara, Doni, owner DF Catering yang terpilih sebagai Juara Favorit 2 Kategori Dendeng Lambok menuturkan, "Suatu penghargaan yang luar biasa dapat bisa berdiri diantara para senior di bidang Catering di Kota Padang. Kami jadi lebih percaya diri untuk menjalani usaha ini."

Doni menambahkan, penghargaan ini merupakan sebuah modal baginya untuk terus berjuang jadi yang terbaik. "Semoga acara Fateta Food Award ini terus berlanjut untuk pesertanya yang lebih luas lagi (se-Sumbar). Agar dapat jadi referensi bagi masyarakat luas," harap dia. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar