Tim Pengabdian FIB Unand Latih 35 Anak Panti Kecakapan Berbahasa Inggris

Senin, 06 Desember 2021, 20:50 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tim Pengabdian FIB Unand Latih 35 Anak Panti Kecakapan Berbahasa Inggris
Tim pengabdian FIB Unand foto bersama dengan peserta pelatihan kecakapan dalam berbahasa Inggris, yang digelar setiap hari Ahad di Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid, Seberang Padang.

PADANG (6/12/2021) - Sebanyak 35 orang siswa MTsN dan SMK ikuti permainan edukasi untuk melatih kecakapan dalam berbahasa Inggris, setiap Ahad mulai 3 Oktober hingga 7 November 2021. Pelatihan ini diinisasi Tim Dosen Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris anak-anak. Pada era globalisasi dan revolusi industri 4.0 bahkan sudah memasuki revolusi industri 5.0 ini, keterampilan berbahasa Inggris setiap komponen anak bangsa perlu senantiasa diperkuat," ungkap anggota tim pengabdian FIB Unand, Novalinda dalam pernyataan tertulis yang diterima, Senin.

Dikatakan, pembelajaran di sekolah-sekolah formal dan di tempat-tempat kursus, adalah upaya yang sudah lazim dilakukan. Di samping itu, keikutsertaan perguruan tinggi terutama yang berasal dari Jurusan Sastra Inggris, melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat pengabdian pada masyarakat, tentu diharapkan dapat pula menghadirkan nuansa khusus.

"Atas dasar itulah, Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya mengambil peran dalam kegiatan ini," ungkap Novalinda seputar pelatihan yang digelar setiap hari Ahad secara bergantian di Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid, Seberang Padang.

Baca juga: 5 Pekerjaan Bergaji Besar, Tak Perlu Gelar Sarjana, Lulusan SMA Bisa Daftar, Segera Lamar!

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, dibagi ke dalam beberapa tim kecil yang setiap pekannya bergantian datang ke tempat lokasi pengabdian, untuk memberikan materi. Pada 3 Oktober 2021 dilakukan survei oleh beberapa orang dosen dengan menemui pengurus panti.

Dari kunjungan tersebut, tim menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan pengabdian yang akan dilakukan. Kegiatan pengabdian masyarakat pada 17 Oktober 2021 berupa penyampaian materi-materi tentang Bahasa Inggris dasar untuk perkenalan diri disertai dengan games seperti personality compatibility, color matching dan lainnya.

Pada 24 Oktober 2021, di samping siswa berlatih bahasa Inggris melalui permainan, juga mendengarkan motivasi yang disampaikan beberapa dosen Jurusan Sastra Inggris. Berikutnya, 31 Oktober 2021, disamping materi games English for fun, juga diselingi dengan penyampaian materi tentang kepenulisan, kepemimpinan dan kewirausahaan.

Di akhir kunjungan, 7 November 2021, kegiatan yang dilakukan seperti membentuk kelompok belajar, membaca fabel berjudul "The Wind and The Sun" yang merupakan adaptasi dari fabel karya Aesop.

Baca juga: Cegah Stunting, Tim PKM UNU Sumbar Ajarkan Warga Padang Timur Olahan Pangan Berbahan Kelor

"Setiap anak mendapat giliran untuk membaca beberapa kalimat. Dari sesi membaca, dapat diketahui bahwa kemampuan pengucapan Bahasa Inggris anak-anak tersebut masih jauh dari sempurna. Artinya perlu dipertimbangkan untuk memberikan lanjutan kegiatan untuk 'pronunciation' atau pengucapan," terang Novalinda.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: