Tim Pengabdian FIB Unand Latih 35 Anak Panti Kecakapan Berbahasa Inggris

Al Imran | Senin, 06-12-2021 | 20:50 WIB | 79 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Tim Pengabdian FIB Unand Latih 35 Anak Panti Kecakapan Berbahasa Inggris<p>

Tim pengabdian FIB Unand foto bersama dengan peserta pelatihan kecakapan dalam berbahasa Inggris, yang digelar setiap hari Ahad di Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid, Seberang Padang.

PADANG (6/12/2021) - Sebanyak 35 orang siswa MTsN dan SMK ikuti permainan edukasi untuk melatih kecakapan dalam berbahasa Inggris, setiap Ahad mulai 3 Oktober hingga 7 November 2021. Pelatihan ini diinisasi Tim Dosen Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris anak-anak. Pada era globalisasi dan revolusi industri 4.0 bahkan sudah memasuki revolusi industri 5.0 ini, keterampilan berbahasa Inggris setiap komponen anak bangsa perlu senantiasa diperkuat," ungkap anggota tim pengabdian FIB Unand, Novalinda dalam pernyataan tertulis yang diterima, Senin.

Dikatakan, pembelajaran di sekolah-sekolah formal dan di tempat-tempat kursus, adalah upaya yang sudah lazim dilakukan. Di samping itu, keikutsertaan perguruan tinggi terutama yang berasal dari Jurusan Sastra Inggris, melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat pengabdian pada masyarakat, tentu diharapkan dapat pula menghadirkan nuansa khusus.


"Atas dasar itulah, Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya mengambil peran dalam kegiatan ini," ungkap Novalinda seputar pelatihan yang digelar setiap hari Ahad secara bergantian di Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz Al Fath Tauhid, Seberang Padang.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, dibagi ke dalam beberapa tim kecil yang setiap pekannya bergantian datang ke tempat lokasi pengabdian, untuk memberikan materi. Pada 3 Oktober 2021 dilakukan survei oleh beberapa orang dosen dengan menemui pengurus panti.

Dari kunjungan tersebut, tim menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan pengabdian yang akan dilakukan. Kegiatan pengabdian masyarakat pada 17 Oktober 2021 berupa penyampaian materi-materi tentang Bahasa Inggris dasar untuk perkenalan diri disertai dengan games seperti personality compatibility, color matching dan lainnya.

Pada 24 Oktober 2021, di samping siswa berlatih bahasa Inggris melalui permainan, juga mendengarkan motivasi yang disampaikan beberapa dosen Jurusan Sastra Inggris. Berikutnya, 31 Oktober 2021, disamping materi games English for fun, juga diselingi dengan penyampaian materi tentang kepenulisan, kepemimpinan dan kewirausahaan.

Di akhir kunjungan, 7 November 2021, kegiatan yang dilakukan seperti membentuk kelompok belajar, membaca fabel berjudul "The Wind and The Sun" yang merupakan adaptasi dari fabel karya Aesop.

"Setiap anak mendapat giliran untuk membaca beberapa kalimat. Dari sesi membaca, dapat diketahui bahwa kemampuan pengucapan Bahasa Inggris anak-anak tersebut masih jauh dari sempurna. Artinya perlu dipertimbangkan untuk memberikan lanjutan kegiatan untuk 'pronunciation' atau pengucapan," terang Novalinda.

Kegiatan selanjutnya, pengenalan kosa kata dan termasuk memperkenalkan kelas kata. Kegiatan terakhir adalah membuat kalimat sendiri. Dari kata-kata yang dipilih dari teks bacaan, kegiatan ini sangat jelas bahwa siswa Panti Al Fath Tauhid tersebut, masih butuh bimbingan serius dan terstruktur untuk belajar tata bahasa Inggris.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, Tim Dosen Pengabdi dari Jurusan Sastra Inggris juga memberikan sumbangan dalam bentuk sembako, makanan ringan dan alat-alat tulis yang dapat dipakai oleh siswa-siswa panti untuk keperluan sekolah mereka.

Di samping itu, dibentuk pondok literasi di panti tersebut dengan menyediakan buku-buku bacaan tentang keislaman, buku cerita baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan setiap dosen di perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

Pengabdian masyarakat kali ini merupakan kegiatan yang didanai DIPA Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Kegiatan ini rutin dilakukan dua kali dalam setahun atau satu kali dalam satu semester. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar