2023 Dicanangkan jadi Tahun Kunjungan Wisata: Pariwisata Sumatera Barat Potensi jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

Kamis, 09 Desember 2021, 22:38 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
2023 Dicanangkan jadi Tahun Kunjungan Wisata: Pariwisata Sumatera Barat Potensi jadi...
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi bersama Wahyu Purnama A (Kepala BI Sumbar) memukul gendang sebagai tanda dimulainya iven Welcome, di aula Anggun Nan Tongga, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Kamis. (veby rikiyanto)

PADANG (9/12/2021) - Tahun 2023 dicanangkan sebagai tahun kunjungan wisata untuk Sumatera Barat. Pencanangan dilakukan dalam iven West Sumatera Nature, Culture and Creative Tourism Festival (Welcome).

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, pengembangan pariwisata, merupakan program kerja prioritas dirinya selama jadi kepala daerah tingkat Sumatera Barat. Salah satu alasan jadi program prioritas, karena Sumbar memiliki potensi yang tinggi di bidang pariwisata alam, budaya dan ekonomi kreatif.

"Tingginya potensi itu, peran pariwisata harus dioptimalkan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi," ungkap Mahyeldi, saat memberikan sambutan pada iven Welcome yang digelar di aula Anggun Nan Tongga, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Kamis.

Sementara, Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A mengatakan, pencanangan Tahun Kunjungan Wisata 2023 ini, jadi sebuah bentuk komitmen Pemprov Sumbar, untuk memimpin strategi pengembangan pariwisata yang lebih terintegrasi.

Baca juga: Halal Bihalal IKA FPUA, Mahyeldi: Tingkatkan Kontribusi dan Bukti Nyata Peran Alumni

Sehingga, dapat memberikan arah yang jelas pada seluruh pihak, tentang langkah kongkrit yang harus dilakukan ke depannya.

"Pencanangan ini merupakan inisiasi awal, dalam mengakselerasi pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di Sumbar. Bank Indonesia sebagai mitra pemerintah daerah, berkomitmen untuk mendukung penuh upaya pengembangan pariwisata di Sumbar," urai Wahyu.

Kesepakatan ini, ditandatangani pemerintahan daerah provinsi bersama 19 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat. Tagline yang diusung, "Visit Beautiful West Sumatera 2023."

Dikatakan Wahyu, dukungan BI Sumatera Barat itu nantinya, akan diwujudkan dalam bentuk penelitian, pengembangan, pendampingan UMKM pendukung dan fasilitasi kegiatan kepariwisataan.

Baca juga: Halal Bihalal Pujakusuma Sumut, Pj Gubernur: Jaga Kekompakan

Selain itu, melalui pendampingan desa wisata, fasilitasi forum investor pariwisata, publikasi dan promosi serta memfasilitasi digitalisasi pembayaran di sektor pariwisata.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: