Traffic Penerbangan di Soetta Tembus Angka 70 Persen, Awaluddin: Opex Sudah Positif

Minggu, 12 Desember 2021, 21:17 WIB | Bisnis | Nasional
Traffic Penerbangan di Soetta Tembus Angka 70 Persen, Awaluddin: Opex Sudah Positif
Salah satu sudut bandara Soekarno-Hatta yang didesain ramah untuk bisa interaksi antara sesama calon penumpang.

JAKARTA (12/12/2021) - President Director of PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta sebagai pintu utama Indonesia dan bandara jangkar penerbangan domestik, memiliki peran sangat penting dalam transportasi udara nasional.

"AP II mewujudkan operasional yang tangguh (resilience operation), cepat beradaptasi (agility operation) yang mengutamakan kerampingan (lean operation) sehingga Bandara Soekarno-Hatta dapat menghadapi tantangan pandemi Covid19," jelas Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulis, Ahad.

Sejalan dengan hal ini, lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta pun berangsur-angsur pulih. Dimana, rasio pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta pada Kuartal IV/2021 sudah berkisar 68% hingga 70%.

"Artinya, kondisi traffic penerbangan saat ini sudah mencapai 68-70% dari kondisi sebelum adanya pandemi yakni pada 2019," ungkap Muhammad Awaluddin.

Baca juga: Vaksinasi Melengkapi Prokes 5M dalam Memutus Rantai Penularan Covid19

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada 11 Desember 2021 saat melakukan ramp check dan memimpin apel persiapan masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Bandara Soekarno-Hatta, juga menuturkan bahwa pergerakan pesawat maupun penumpang di Bandara Soekarno-Hatta per harinya, terus meningkat.

Hingga saat ini, sudah ada 700 pergerakan pesawat take off dan landing setiap harinya.

Hal ini merupakan buah konsistensi AP II menjaga operasional Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi Covid-19. Bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia ini, selalu beroperasi 24 jam setiap hari dengan memenuhi regulasi penanganan Covid19 dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di dalam negeri serta sesuai standar global.

Berbagai penghargaan global pun diterima bandara ini antara lain The 2021 Covid19 Airport Excellence Awards dari Skytrax, sertifikasi Airport Health Accreditation dari Airport Council International dan skor Safe Travel Score tertinggi di ASEAN yakni 4.3 (sama dengan Bandara Changi) yang diberikan Safe Travel Barometer.

Baca juga: Nataru di Masa Pandemi Covid19: Angkasa Pura II Kenalkan Konsep Protokol Kesehatan Biosafety dan Biosecurity Management

Positif

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: