BI jadikan Pasar Kuliner Padang Panjang SIAP QRIS

Selasa, 14 Desember 2021, 20:41 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
BI jadikan Pasar Kuliner Padang Panjang SIAP QRIS
Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Wahyu Purnama A dan jajaran, meninjau Pasar Kuliner Padang Panjang yang dijadikan SIAP QRIS, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (13/12/2021) - Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Wahyu Purnama A luncurkan Pasar Kuliner Padang Panjang Sehat, Inovatif dan Aman Pakai Quick Response Code Indonesian Standard (SIAP QRIS) di Pelataran UPTD Pengelolaan Dana Bergulir, Senin.

Peresmian ditandai dengan penempelan tangan pada layar oleh Asrul, Wahyu dan Kepala Pemasaran Bank Nagari, Hardi Putra.

"Dengan diresmikannya QRIS ini, bisa membawa Pasar Kuliner (Paskul) dikenal lebih luas lagi. Kota perlintasan ini sangat membuka peluang bagi Paskul untuk lebih maju lagi," ungkap Asrul sembari berterima kasih pada BI yang sudah memberikan pembinaan digitalisasi pada pedagang.

Untuk menyukseskan memberikan bantuan sarana dan prasarana (WiFi dan QRis) serta telah menjadikan Paskul menjadi final project yang SIAP QRIS.

Baca juga: Halal Bihalal IKA FPUA, Mahyeldi: Tingkatkan Kontribusi dan Bukti Nyata Peran Alumni

Dengan adanya QRIS di Paskul ini, tambahnya, juga membantu program Pemko Padang Panjang untuk menjadi Smart City, dengan berbelanja memakai sistem cashless dan digitalisasi.

QRIS tidak hanya bisa digunakan untuk pengguna Bank Nagari saja, namun semua bank juga bisa menggunakan sistem cashless QRISini. Dari sekitar 90 kedai yang ada di Paskul, 85 kedai sudah menggunakan merchant QRIS.

"Ini berarti, masyarakat Padang Panjang sudah kenal dengan QRIS. Untuk Padang Panjang, per tanggal 12 Desember 2021, tercatat sudah 415 merchant dengan total transaksi sebanyak 3.800 lebih, dan dengan nominal sebanyak Rp568 juta," tutur Hardi.

Wahyu menyebutkan, Paskul ini bisa menjadi wisata yang sangat berpotensi. Setiap daerah memiliki kekayaan khas untuk pariwisata.

Baca juga: Halal Bihalal Pujakusuma Sumut, Pj Gubernur: Jaga Kekompakan

"Padang Panjang ini memiliki dua khas untuk wisata yaitu budaya dan kulinernya. Sebagai kota perlintasan, ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar. Siapa yang tidak kenal dengan Paskul Padang Panjang," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: