Pemilihan Langsung 82 Wali Nagari di Agam Sistem e-Voting, Pertama di Sumatera

Rabu, 15 Desember 2021, 19:40 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pemilihan Langsung 82 Wali Nagari di Agam Sistem e-Voting, Pertama di Sumatera
Bupati Agam, Andriwarman memasangkan benggo seorang wali nagari, saat pelantikan serentak di kantor bupati Agam, Rabu. (humas)

AGAM (15/12/2021) - Kepala Bidang Pemerintahan Nagari pada Dinas PMN Agam, Zulkarnain mengatakan, pemilihan secara elektronik (e-voting) sukses dilaksanakan di 82 nagari. Proses pemilihan dilaksanakan dalam tiga tahapan sepanjang tahun 2021 ini.

"Kabupaten Agam merupakan satu-satunya daerah di Sumatera yang sukses menyelenggarakan pemilihan wali nagari secara e-voting," ungkap Zulkarnain di Lubukbasung, Rabu.

Pemilihan langsung wali nagari yang diselenggarakan pada 2021 ini merupakan kali ketiga yang dilakukan secara serentak menggunakan sistem e-voting. Sebelumnya, sistem yang sama juga dipakai pada pemilihan tahun 2017 dan 2019.

"Kabupaten Agam merupakan satu-satunya daerah yang menyelenggarakan pemilihan wali nagari menggunakan sistem e-voting di Sumatera. Sistem e-voting ini telah jadi contoh bagi banyak daerah tetangga. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita semua bangga terhadap proses pemilihan ini," ucapnya.

Baca juga: Dicari Perempuan Inspiratif Tingkat Agam 2022

Menurutnya, pemilihan wali nagari secara e-voting, memiliki banyak keunggulan. Selain lebih efektif dan tidak memakan waktu lama, sistem e-voting juga dapat menghindari kecurangan.

"Melalui sistem ini, para pemilih hanya bisa melakukan vote sebanyak satu kali. Jadi tidak bisa dicurangi," jelasnya.

Ditambahkan, saat ini sistem pemilihan secara e-voting milik Kabupaten Agam telah mengantongi penghargaan inovasi terbaik se-Indonesia.

Diketahui, pemilihan menggunakan sistem e-voting ini pertama kali dilakukan pada pemilihan kepala desa di Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali.

Baca juga: Yenni Andri Warman Hadiri Pertemuan Forum Istri Kepala Daerah

"Di Indonesia, Kabupaten Agam merupakan daerah kedua yang sukses menyelenggarakan pemilihan secara elektronik," ujarnya. (ham)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: