Suara dari Ranah Pendiri Republik: Relawan Urang Anies Dideklarasikan di Padang

Jumat, 17 Desember 2021, 15:31 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Suara dari Ranah Pendiri Republik: Relawan Urang Anies Dideklarasikan di Padang
Deklarator Urang Anies, Haswandi Heru Suardi membacakan pernyataan sikap mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Urang ini merupakan akronim URang Awak pendukuNG Anies.

PADANG (17/12/2021) - Sejumlah kelompok masyarakat di Padang, mendeklarasikan Urang Anies, Jumat (17/12/2021). Ini merupakan akronim dari URang Awak PendukuNG Anies Rasyid Baswedan, sebagai calon presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Menyimak rekam jejak Anies diberbagai posisi dalam amanah yang diembannya, terutama sejak jadi gubernur DKI, banyak sikap pemihakan terhadap kepentingan rakyat kecil yang sangat jelas dan tegas diperlihatkan Anies. Ini alasan yang menyatukan kami untuk mendeklarasikan Urang Anies ini," ungkap Deklarator Urang Anies, Haswandi Heru Suardi.

Menurut Haswandi, seorang pemimpin yang cerdas, selalu membuat kebijakan berdasarkan sebuah narasi intelektual yang mendalam. Narasi yang lahir dari pemikiran dan perenungan itu, kemudian dituangkan dalam bentuk kebijakan yaitu kebijakan yang berpihak pada kepentingan rakyat kecil, yang selalu menghadirkan keadilan dan pemerataan.

Dalam setiap persoalan persoalan rakyat kecil, ungkap Haswandi, Anies memiliki empati yang dalam terhadap mereka. Banyak kebijakan yang jelas keberpihakannya yang diperlihatkan, seperti dalam menghadapi persoalan pedagang kaki lima, Kampung Aquarium atau mereka yang tinggal di sepanjang Ciliwung dan juga dalam menghadapi masalah pendidikan.

Baca juga: Anies Baswedan Sapa Rang Minang, Bertemu Ulama Tarekat hingga Doa Bersama untuk Palestina di Jam Gadang

"Kebijakan terhadap pedagang kali lima misalnya, seperti yang dialami oleh orang Minangkabau yang berada di Jakarta, mereka merasa sangat terbantu dengan kebijakan Anies. Sebagai etnis perantau dan pedagang, orang Minangkabau yang berada di Jakarta tentu banyak sekali yang menjadi pedagang kaki Lima," ungkap Haswandi.

"Anies Baswedan tidak mengusur mereka, tetapi menata mereka untuk bisa berjualan dengan baik, tertib dan nyaman. Anugerah Luar biasa mendapatkan pemimpin seperti Anies Baswedan," tambah Haswandi dalam deklarasi yang berlangsung ditengah hujan lebat mengguyur Padang.

Kasus Kampung Akuarium, terang Haswandi, sebenarnya menyangkut kehidupan Rakyat Miskin Kota (RMK). Di persoalan ini, narasi yang dibangun Anies Baswedan adalah membangun, bukan menggusur, tetapi menata.

"Rasa syukur mendalam dirasakan rakyat kecil yang tidak berdaya itu, ketika mereka dibuatkan rumah susun oleh Anies Baswedan," ungkapnya.

Baca juga: Anies-Muhaimin serta PKB dan Partai Nasdem Bertandang ke DPP PKS, Yaa Lal Wathon Menggema

Terobosan luar biasa Anies lainnya adalah kerjasama dengan petani di Cilacap dan Ngawi. Pemikiran ini sungguh sebuah pemikiran kerakyatan dari seorang Anies Baswedan. Anies tidak mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta, akan tetapi Anies bekerjasama dengan bangsanya sendiri seperti petani di Cilacap, Jawa Tengah dan Ngawi, Jawa Timur.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: