Puluhan Rumah Terendam di Kecamatan Ranah Batahan

Sabtu, 18 Desember 2021, 16:19 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Puluhan Rumah Terendam di Kecamatan Ranah Batahan
Dua orang personel TNI menyusuri daerah luapan Batang Batahan dan Taming, akibat hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Sumatera Barat sepanjang Kamis sore hingga Sabtu siang. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (18/12/2021) - Dua sungai di Kecamatan Ranah Batahan, meluap akibat tingginya curah hujan di daerah itu, Sabtu. Luapan ini mengakibatkan puluhan rumah terendam.

"Dua sungai yang meluap itu adalah Batang Batahan dan Taming.Meluapnya air sungai itu dipicu hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (17/12/2021) sore hingga Sabtu pagi," ungkap Ketua Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Rida Warsa di Simpang Empat, Sabtu pagi.

Akibat meluapnya air sungai itu, katanya, menyebabkan puluhan rumah warga terendam setinggi 70 sentimeter sampai 150 sentimeter.

Selain itu, tiga unit rumah warga hanyut di Jorong Aek Napal, Ranah Batahan dan beberapa rumah warga di genangi air. Hingga Sabtu pagi, belum ada ditemukan korban jiwa pada musibah itu.

Baca juga: Wakajati Sumbar Resmikan Palanta Adhyaksa Pasaman Barat

"Anggota relawan PMI sudah turun kelapangan bersama instansi lain, memberikan bantuan pada warga," katanya.

Selain itu, genangan air menyebabkan akses lalu-lintas di Kampung Baru, terhalang dan terhambat.

"Meluapnya Batang Batahan, terdampak pada Jorong Kampung Baru karena akses ke Jorong Aek Napal dan Jorong Taming Batahan terhalang," ungkap Rida.

Selanjutnya, Batang Taming yang bermuara ke Batang Batahan tepat di sisi barat Jorong Aek Napal, berdampak pada Jorong Taming Batahan sehingga mengakibatkan rumah warga digenangi air.

Baca juga: KPU Pasbar Sahkan DCT Pemilu 2024, 498 Caleg dari 16 Partai akan Berebut 40 Kursi

"Kepada masyarakat Pasaman Barat yang tepi sungai rumahnya harap waspada karena curah hujan sangat tinggi. Mudah-mudahan, air cepat surut dan tidak ada korban jiwa pada musibah ini," ujarnya. (pl1)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: