Puluhan Rumah Terendam di Kecamatan Ranah Batahan

Al Imran | Sabtu, 18-12-2021 | 16:19 WIB | 107 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>Puluhan Rumah Terendam di Kecamatan Ranah Batahan<p>

Dua orang personel TNI menyusuri daerah luapan Batang Batahan dan Taming, akibat hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Sumatera Barat sepanjang Kamis sore hingga Sabtu siang. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (18/12/2021) - Dua sungai di Kecamatan Ranah Batahan, meluap akibat tingginya curah hujan di daerah itu, Sabtu. Luapan ini mengakibatkan puluhan rumah terendam.

"Dua sungai yang meluap itu adalah Batang Batahan dan Taming.Meluapnya air sungai itu dipicu hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (17/12/2021) sore hingga Sabtu pagi," ungkap Ketua Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat, Rida Warsa di Simpang Empat, Sabtu pagi.

Akibat meluapnya air sungai itu, katanya, menyebabkan puluhan rumah warga terendam setinggi 70 sentimeter sampai 150 sentimeter.


Selain itu, tiga unit rumah warga hanyut di Jorong Aek Napal, Ranah Batahan dan beberapa rumah warga di genangi air. Hingga Sabtu pagi, belum ada ditemukan korban jiwa pada musibah itu.

"Anggota relawan PMI sudah turun kelapangan bersama instansi lain, memberikan bantuan pada warga," katanya.

Selain itu, genangan air menyebabkan akses lalu-lintas di Kampung Baru, terhalang dan terhambat.

"Meluapnya Batang Batahan, terdampak pada Jorong Kampung Baru karena akses ke Jorong Aek Napal dan Jorong Taming Batahan terhalang," ungkap Rida.

Selanjutnya, Batang Taming yang bermuara ke Batang Batahan tepat di sisi barat Jorong Aek Napal, berdampak pada Jorong Taming Batahan sehingga mengakibatkan rumah warga digenangi air.

"Kepada masyarakat Pasaman Barat yang tepi sungai rumahnya harap waspada karena curah hujan sangat tinggi. Mudah-mudahan, air cepat surut dan tidak ada korban jiwa pada musibah ini," ujarnya. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar