Tiga Rumah Dihondoh Longsor di Nagari Tanjung Sani

Al Imran | Sabtu, 18-12-2021 | 20:44 WIB | 223 klik | Kab. Agam
<p>Tiga Rumah Dihondoh Longsor di Nagari Tanjung Sani<p>

Petugas BPBD Agam bersama warga, menyingkirkan material longsor yang menimbun badan jalan di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Sabtu. (humas)

AGAM (18/12/2021) - Kalaksa BPBD Agam, Muhamad Lutfi menginformasikan, terdapat empat titik longsor di Nagari Tanjuang Sani, Kecamatan Tanjung Raya. Longsor ini diakibatkan tingginya curah hujan yang melanda wilayah itu, Sabtu.

"Longsor mengakibatkan akses salingka Danau Maninjau terputus. Kejadian ini terjadi Jumat malam dan Sabtu dini hari. Satu titik di Jorong Pangka Tanjuang dengan panjang longsor sekitar 50 meter dan ketinggian 3-4 meter," ungkap Lutfi.

Selain menimbun jalan, material longsor juga menimpa 3 unit rumah warga, kini penghuni rumah sudah diungsikan ke tempat yang aman.


Sedangkan 3 lokasi lainnya terdapat di Jorong Muko Jalan, dengan panjang 30-40 meter dan ketinggian mencapai 4-5 meter.

"Di lokasi ini fasilitas yang terdampak berupa jembatan dan jalan," sebutnya.

Dikatakan Lutfi, material longsor belum dapat dibersihkan mengingat hujan masih turun. Jika dilakukan sekarang, dia khawatir, terjadi longsor susulan yang dapat membahayakan pekerja.

"Jika dilihat dari keparahan longsor, memang harus menggunakan alat berat dan tidak dapat dilakukan secara manual. Kita lihat, material menimbun jalan ini berupa batu dan kayu," terangnya.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi menjelaskan, longsor yang terjadi di Jorong Pangka Tanjuang terjadi dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB, di Jorong Muko Jalan, malam sekitar 21.00 WIB-22.00 WIB.

"Tadi malam di Muko Jalan satu titik sudah diupayakan pembersihan untuk membuka jalan, bahkan sudah bisa dilewati. Namun dini harinya, terjadi longsor susulan sehingga jalan kembali tertimbun," jelasnya.

Hingga Sabtu siang, Nagari Tanjuang Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, masih diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Dengan kondisi itu, Lutfi minta warga meningkatkan kewaspadaan, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

"Kita minta warga tetap waspada, karena hujan masih turun dan kita khawatir nanti longsor susulan terjadi," ujar Lutfi di lokasi longsor Tanjung Sani. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kabar Daerah