Capaian Vaksinasi Rendah: Yayasan Senarai Gelar Vaksinasi dengan Doorprize dan Sembako di Nagari Barung-Barung Balantai

Minggu, 19 Desember 2021, 15:49 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Capaian Vaksinasi Rendah: Yayasan Senarai Gelar Vaksinasi dengan Doorprize dan Sembako di...
Koordinator Lapangan Tim Yayasan Senarai, Feri Tan Ganto menyerahkan paket sembako pada warga Nagari Barung-Barung Balantai yang mengikuti vaksinasi di kantor wali nagari, Sabtu. (humas)

PESISIR SELATAN (18/12/2021) - Sedikitnya, 200 orang warga Nagari Barung-Barung Balantai Tengah Kecamatan Koto XI Tarusan ikuti kegiatan vaksinasi Covid19 yang diinisiasi Yayasan Senarai Sumatera Barat, Sabtu mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

"Sebanyak 80-an masyarakat diberikan vaksin dosis pertama Jenis Sinopharm. Sekitar 107 masyarakat menjalani vaksin dosis kedua. Belasan masyarakat lainnya, tidak dapat mengikuti vaksinasi disebabkan tekanan darah dan penyakit lainnya," ungkap Kepala Puskesmas Barung Balantai, drg Ardiandes dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dikatakan, capaian vaksinasi di Barung-Barung Balantai Tengah 45,5% dari populasi masyarakat wajib vaksin. "Untuk mencapai angka 70 persen, vaksinasi masih harus dilakukan terhadap 4 ribu masyarakat lagi. Kita akan kejar target ini hingga akhir Desember 2021 ini," ungkap drg Ardiandes.

Ardiandes mengucapkan terimakasih pada Yayasan Senarai dan seluruh tim pelaksana serta stakholder di nagari yang telah melakukan gebyar vaksinasi. "Pada prinsipnya, kami dari Puskesmas dan seluruh Tenaga Kesehatan, siap membantu masyarakat untuk melakukan percepatan vaksinasi. Kita perlu kerjasama dengan lintas sektoral dan kecamatan, agar proses vaksinasi semakin massif," ungkapnya.

Baca juga: 32 Anak di SDN 23 Parit Rantang Ikut Vaksinasi

Dikatakan, program vaksinasi dari pemerintah ini, wajib dijalani dan didukung bersama. Karena, dengan vaksinasi ini akan terbentuk kekebalan kelompok. "Jangan merasa ragu-ragu serta vaksin ini pasti aman pun jika diberikan kepada masyarakat tidak ada efek samping," ungkapnya.

Kapolsek Koto XI Tarusan, Iptu Masdi mengapresiasi antuasisme masyarakat mengikuti vaksin yang digelar di kantor wali nagari.

"Harapan saya, masyarakat jangan terpengaruh dengan berita-berita hoaks yang bisa menyesatkan kita tentang vaksin. Karena percaya berita yang tak jelas kebenarannya, masyarakat bisa terpengaruh. Seharusnya vaksin, jadinya nggak vaksin," ungkap Iptu Masdi.

Iptu Masdi berharap, warga Kecamatan Koto XI Tarusan antusian ikut vaksin. Terlebih, daerah Tarusan merupakan daerah wisata. Kalau seandainya masyarakatnya tidak sadar vaksin, akan meragukan wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung.

Baca juga: 157 Siwa SD Raudhatul Jannah Ikuti Vaksinasi

"Rugi kita kalau tak divaksin. Selain kesehatan kita tak terjaga, pengunjung juga akan enggan datang berwisata ke daerah kita ini," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: