Capaian Vaksinasi Rendah

Yayasan Senarai Gelar Vaksinasi dengan Doorprize dan Sembako di Nagari Barung-Barung Balantai

Al Imran | Minggu, 19-12-2021 | 15:49 WIB | 712 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Yayasan Senarai Gelar Vaksinasi dengan Doorprize dan Sembako di Nagari Barung-Barung Balantai<p>

Koordinator Lapangan Tim Yayasan Senarai, Feri Tan Ganto menyerahkan paket sembako pada warga Nagari Barung-Barung Balantai yang mengikuti vaksinasi di kantor wali nagari, Sabtu. (humas)

PESISIR SELATAN (18/12/2021) - Sedikitnya, 200 orang warga Nagari Barung-Barung Balantai Tengah Kecamatan Koto XI Tarusan ikuti kegiatan vaksinasi Covid19 yang diinisiasi Yayasan Senarai Sumatera Barat, Sabtu mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

"Sebanyak 80-an masyarakat diberikan vaksin dosis pertama Jenis Sinopharm. Sekitar 107 masyarakat menjalani vaksin dosis kedua. Belasan masyarakat lainnya, tidak dapat mengikuti vaksinasi disebabkan tekanan darah dan penyakit lainnya," ungkap Kepala Puskesmas Barung Balantai, drg Ardiandes dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dikatakan, capaian vaksinasi di Barung-Barung Balantai Tengah 45,5% dari populasi masyarakat wajib vaksin. "Untuk mencapai angka 70 persen, vaksinasi masih harus dilakukan terhadap 4 ribu masyarakat lagi. Kita akan kejar target ini hingga akhir Desember 2021 ini," ungkap drg Ardiandes.


Ardiandes mengucapkan terimakasih pada Yayasan Senarai dan seluruh tim pelaksana serta stakholder di nagari yang telah melakukan gebyar vaksinasi. "Pada prinsipnya, kami dari Puskesmas dan seluruh Tenaga Kesehatan, siap membantu masyarakat untuk melakukan percepatan vaksinasi. Kita perlu kerjasama dengan lintas sektoral dan kecamatan, agar proses vaksinasi semakin massif," ungkapnya.

Dikatakan, program vaksinasi dari pemerintah ini, wajib dijalani dan didukung bersama. Karena, dengan vaksinasi ini akan terbentuk kekebalan kelompok. "Jangan merasa ragu-ragu serta vaksin ini pasti aman pun jika diberikan kepada masyarakat tidak ada efek samping," ungkapnya.

Kapolsek Koto XI Tarusan, Iptu Masdi mengapresiasi antuasisme masyarakat mengikuti vaksin yang digelar di kantor wali nagari.

"Harapan saya, masyarakat jangan terpengaruh dengan berita-berita hoaks yang bisa menyesatkan kita tentang vaksin. Karena percaya berita yang tak jelas kebenarannya, masyarakat bisa terpengaruh. Seharusnya vaksin, jadinya nggak vaksin," ungkap Iptu Masdi.

Iptu Masdi berharap, warga Kecamatan Koto XI Tarusan antusian ikut vaksin. Terlebih, daerah Tarusan merupakan daerah wisata. Kalau seandainya masyarakatnya tidak sadar vaksin, akan meragukan wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung.

"Rugi kita kalau tak divaksin. Selain kesehatan kita tak terjaga, pengunjung juga akan enggan datang berwisata ke daerah kita ini," ungkapnya.

Wali Nagari Barung-Barung Balantai Tangah, Aidil Usman menyampaikan terima kasih pada Yayasan Senarai dengan bantuan sembako yang diberikan. "Pemberian sembako menarik minat masyarakat untuk berbondong mengikuti vaksin. Antusias jadi lebih tinggi dari sebelumnya. Ditambah dengan pengundian doorprize," ungkap Aidil.

Aidi menargetkan, masyarakat di nagari yang dipimpinnnya itu, capaian vaksinasi bisa menembus angka 100%. "Target kita hingga akhir tahun, vaksinasi telah mencapai 70%. Semoga masyarakat beramai-ramai untuk vaksinasi di akhir tahun, dan semoga wacana vaksin bayar sendiri di tahun depan tidak ada masyarakat yang kesusahan nantinya," ucapnya.

Masih Rendah Vaksinasi

Koordinator Lapangan Tim Yayasan Senarai, Feri Tan Ganto mengungkapkan, capaian vaksinasi di nagari Barung-Barung Balantai Tengah, masih rendah dibandingkan nagari yang lain di seluruh Kecamatan XI Koto Tarusan.

"Kehadiran kita dari Senarai, bagaimana mendukung dan memotivasi masyarakat untuk melakukan vaksin. Kita dukung dengan pemberian sembako dan doorprize agar masyarakat antusias mengikuti vaksinasi," terangnya.

"Yayasan Senarai selalu hadir setiap gelaran vaksinasi yang dilaksanakan. Di Nagari Barung-Barung Balantai Tengah, kita telah menyiapkan 200 paket Sembako dan doorprize yang siap didistribusikan pada masyarakat yang telah vaksin," tambah Tan Ganto.

Sementar, Direktur Yayasan Senarai Sumatera Barat, Dr Andani Eka Putra berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang berorientasi pada penanggulangan dan penanganan Covid19.

Bahkan, hingga akhir tahun 2021, Yayasan Senarai sudah memiliki timeline kegiatan untuk meneruskan agenda pengabdian sosial yang berkaitan dengan melawanan Covid19 ini.

"Yang jadi prioritas pendistribusian Sembako ini yaitu bagi Lansia yang berusia 45 tahun ke atas dan juga tidak tertutup kemungkinan bagi masyarakat yang telah vaksin kedua," tukas Dr Andani.

Selanjutnya, dr Asrawati selaku Ketua Bidang Kesehatan di Yayasan Senarai menambahkan, pemberian paket Sembako pada tiap gelaran vaksinasi yang dilaksanakan, merupakan wujud Yayasan Senarai yang kolaborasi bersama dengan Pemerintah Daerah Pesisir Selatan, POGI, PERDAMI, Kalbe, Supreme Energy, Semen Padang, Paragon dan Kimia Farma.

"Semoga ikhtiar yang dilaksanakan bersama, membawa kebaikan untuk seluruh masyarakat," harapnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar