PAPPRI Agam Dikukuhkan, Adrian Agus: Seniman Mesti Melek Teknologi Informasi

Al Imran | Kamis, 23-12-2021 | 16:31 WIB | 686 klik | Kab. Agam
<p>PAPPRI Agam Dikukuhkan, Adrian Agus: Seniman Mesti Melek Teknologi Informasi<p>

Bupati Agam, Andri Warman menyerahkan pataka pada Ketua PAPPRI Agam, Adrian Agus Dt Kando Marajo usai pelantikan di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Rabu. (humas)

AGAM (22/12/2021) - Bupati Agam, Andri Warman menilai, keberadaan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) sangat erat kaitannya dengan perkembangan seni budaya di Minangkabau.

"Kita berharap, DPC PAPPRI Agam dapat berkarya untuk perkembangan seni budaya di daerah ini," ujarnya saat menghadiri pengukuhan DPC PAPPRI Agam, di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Rabu.

Untuk itu, ia mendukung keberadaan PAPPRI di Kabupaten Agam, karena juga sejalan dengan misi yang dilaksanakan dalam mewujudkan Agam lebih maju. "Ada misi kita yang sejalan dengan keberadaan PAPPRI ini seperti, pengembangan adat budaya," sebutnya.


Dia mengharapkan, organisasi ini bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk mengembangkan seni budaya di Kabupaten Agam.

"Jangan hanya sekedar pembentukan pengurus, tapi juga harus ada karya dan prestasi untuk daerah ini, yang akan memotivasi generasi nantinya," pinta dia.

Sementara, Ketua PAPPRI Sumatera Barat, Husin Daruhan Dt Mangkuto mengajak PAPPRI Agam untuk berkarya dan menciptakan seniman baru di daerah itu.

"Mari kita berkarya dan ciptakan seniman baru, agar keberadaan PAPPRI ini dirasakan masyarakat dan pemerintah," ujarnya.

Terkadang, katanya, organisasi hanya tinggal nama akibat tidak adanya pergerakan. Namun ia minta DPC PAPPRI Agam tidak begitu, karena dalam menjalankan oraganisasi harus ada karya.

"Kita menyadari seniman sekarang popularitasnya banyak yang naik, tapi tidak sedikit pula yang turun, apalagi di masa pandemi ini sangat berpengaruh terhadap perekonomiannya," sebutnya.

Dengan begitu, PAPPRI harus berperan mengangkat kembali harkat dan martabat seniman, agar karya yang dihasilkan seperti lagu ciptaannya bisa menghasilkan untuk peningkatan ekonomi.

"Apalagi di era digital saat ini, karya yang dihasilkan seniman dapat dijual melalui media sosial tertentu," kata Husin Daruhan.

Selain itu, ia juga mengajak DPC PAPPRI Agam untuk bersinergi dengan Pemkab Agam dalam mengembangkan seni budaya, yang menjadi program unggulan Bupati Agam periode sekarang.

Belum Melek Teknologi

Adrian Agus Dt Kando Marajo yang dikukuhkan sebagai Ketua PAPPRI Agam periode 2021-2026, didampingi puluhan pengurus lainnya. Dengan peresmian ini, Adrian Agus menyatakan siap untuk mendukung program unggulan bupati Agam, dalam mengembangkan seni budaya di daerah itu.

Selaku insan seni dan musik, dia merasakan banyak kelemahan, kekurangan dan tantangan yang harus dihadapi ke depan.

Apalagi, katanya, di era digital saat ini, banyak seniman senior tertinggal dari sisi teknologi, padahal terangnya zaman sekarang memang dituntut untuk melek teknologi informasi.

Karena, menurutnya, jika seniman mahir akan teknologi, maka bisa mudah mempromosikan karya dihasilkan, yang nanti dapat mendorong peningkatan perekonomian ke depan.

"Kita berharap, ke depan ada pembinaan untuk peningkatan kapasitas bagi insan seni, musik dan kreator yang ada di Agam," pintanya.

Selain itu, Adrian Agus sampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak terutama Bupati Agam, yang telah mendukung dari segala hal untuk kesuksesan pengukuhan DPC PAPPRI ini. Ikut hadir dalam pelantikan ini, Forkopimda, pimpinan OPD, beberapa DPC di Sumbar dan lainnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Agam