Hendri Septa Resmikan TES Kelurahan Ulak Karang Utara

Kamis, 23 Desember 2021, 19:04 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Hendri Septa Resmikan TES Kelurahan Ulak Karang Utara
Wali Kota Padang, Hendri Septa meresmikan Tempat Evakuasi Sementara (TES) di Jalan Sumatera, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, Rabu. (humas)

PADANG (22/12/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, Tempat Evakuasi Sementara (TES) berfungsi sebagai pusat kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibangun BNPB pada tahun 2020 lalu. TES ini merupakan bangunan shelter dengan lima lantai.

"Keberadaan TES ini, sejalan dengan upaya Pemko Padang yang terus berupaya menyiapkan segala hal demi melindungi warga Kota Padang dari berbagai bentuk bencana," ungkap Hendri usai meresmikan TES di Jalan Sumatera, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, Rabu.

Diharapkan Hendri, Badan Pengelola TES memanfaatkan dan mengelolanya secara baik. Di samping tempat evakuasi ketika terjadi tsunami, juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat tentunya.

Hendri membeberkan, Pemko terus berupaya untuk menambah shelter di kawasan kecamatan Padang Utara mengingat penduduk sangat padat dan dekat dengan pantai.

Baca juga: Optimalkan Penerimaan Pajak, Bapenda Padang Bentuk 2 Tim Khusus

"Dengan adanya shelter dan simulasi bencana yang sering kita lakukan, semoga di samping memberikan perlindungan juga menyiapkan masyarakat lebih cerdas menyikapi bencana," tuturnya.

Camat Padang Utara, Fajar Sukma mengatakan, latar belakang pengelolaan gedung shelter ini disebabkan adanya upaya dari tokoh masyarakat Kelurahan Ulak Karang Utara bersama masyarakat dan bundo kanduang, yang mengusulkan pada Pemerintah Kecamatan Padang Utara untuk membentuk Badan Pengelola TES tersebut.

"Apabila terjadi bencana gempa dan tsunami, TES tersebut dapat difungsikan lagi sebagaimana peruntukannya. Apalagi kapasitas tampung bisa mencapai 3000 jiwa," cetusnya. (vry)

Baca juga: Mushala, Edotel dan Teaching Factory SMK 3 Padang Diresmikan, Ini Permintaan Gubernur Sumbar

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: