42 Mustahiq Padang Panjang Terima Zakat Berupa Voucer Belanja

Kamis, 23 Desember 2021, 21:13 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
42 Mustahiq Padang Panjang Terima Zakat Berupa Voucer Belanja
Ketua Baznas Padang Panjang, Syamsuarni menyerahkan zakat pada mustahiq usai menyampaikan laporan di Aula Senja Kenangan, Kamis. (kominfo)

PADANG PANJANG (23/12/2021) - Sebanyak 42 mustahiq (penerima zakat), terima bantuan zakat Program Padang Panjang Makmur dan Peduli. Ini kerjasama Baznas Padang Panjang dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM).

Zakat yang disalurkan ini dikhususkan berupa pemberian bantuan modal bagi 42 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Padang Panjang.

"Untuk bantuan modal usaha, ada sebanyak 39 orang akan menerima dengan total dana keseluruhannya Rp85 juta," ungkap Ketua Baznas, Syamsuarni saat menyampaikan laporan pada acara penyaluran zakat tersebut di Aula Senja Kenangan, Kamis.

Dikatakan Syamsuarni, para mustahiq diberikan nota yang akan dibelanjakan ke pasar. Setelah itu, dikembalikan lagi ke Baznas dan Baznas yang akan membayar total tagihan belanja sesuai nota yang bersangkutan.

Baca juga: Sekda Bukittingi Lantik 4 Pimpinan BAZNas Pengganti Antar Waktu Periode 2020-2025

"Di samping itu, juga ada zakat untuk penerima konsumtif sebanyak tiga orang dengan total dananya Rp3 juta. Jadi total keseluruhan zakat yang disalurkan Rp88 juta untuk 42 mustahiq," jelasnya.

Syamsuarni berharap, para mustahiq mempergunakan dana zakat ini sebagaimana mestinya dan sesuai dengan peruntukan.

"Penyaluran zakat Baznas sepenuhnya demi kepentingan umat dalam menunjang berbagai aspek. Baznas juga berperan penting dalam upaya Pemko memberantas kemiskinan," pungkasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Wali Kota Padang Panjang, Zulkifli menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada Baznas, yang telah bekerjasama dengan Disperdakop UKM untuk menyalurkan zakat.

Baca juga: Pj Wako Ajak Gubernur Sumbar Kulineran di Paskul Padang Panjang, Ini Saran Mahyeldi

Melalui program zakat ini, Zulkifli berharap, bisa membantu pelaku UMKM dalam menghadapi krisis dan kembali berusaha dengan bantuan modal yang diberikan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: